Home Kegiatan Diskusi Internet Governance dan Warnet Sebagai ICT ?Center

Diskusi Internet Governance dan Warnet Sebagai ICT ?Center

140

Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) didukung ?oleh BISKOM, MGK Kemayoran, APJII, AWARI, FTII mengadakan “Round Table ?Discussion Internet Governance di Indonesia dan Pengembangan Warnet ?sebagai ICT Center”. Acara ini juga didukung dari pihak akademis yaitu Universitas ?Budi Luhur dan vendor TI seperti Acer, Oracle dan ICA. Diskusi yang berlangsung ?selama dua hari yaitu 11-12 Juli 2007 bertempat di Ruang Lavender MGK ?Kemayoran, Jakarta. Forum diskusi berasal dari berbagai instansi pemerintah, ?asosiasi terkait, komunitas TI, perguruan tinggi dan pemerhati masalah TIK yang ?ada di Indonesia.

?
Diskusi hari pertama dibuka dengan keynote speech oleh Prof. Dr. Ir. ?Mohammad Nuh, Menteri Komunikasi dan Informatika yang diwakilkan oleh Dr. ?Moedjiono, MSc., Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Internasional dan ?Kesenjangan Digital. Dalam isi sambutannya, Menkominfo berharap hasil diskusi ?dapat menjadi rekomendasi untuk melakukan identifikasi masalah, dan menyusun ?roadmap guna menyelesaikan permasalah internet governance di Indonesia. ?Sekaligus mengembangkan warnet yang sudah ada atau yang akan dibangun ?menjadi sebuah ICT center. ?
Diskusi pertama dimulai jam 10:00 sampai jam 12:30 mengambil topik ??”Kelembagaan dan Kebijakan Pengelolaan Internet” dengan moderator Richardus ?Eko Indrajit. Pembicara pada forum diskusi ini adalah Dr. Moedjiono, Msc., ?Sukarno Abdurachman dan Andi Budimansyah dari Lembaga Internet Indonesia ??(LII), Giri Susino dari Mastel. ?
Sehabis istirahat dan makan siang, acara dilanjutkan ke paparan dan diskusi ?sesi kedua dengan topik “Jasa Internet, Pengelolaan IP Address dan Nama Domain” ?dengan moderator Wahyoe Prawoto. Pembicara pada sesi kedua yaitu Teddy ?Sukardi, wakil dari FTII dan Pandi, Sylvia W. Sumarlin, ketua APJII dan Aidil ?Cendramata, Ditjen Aptel Depkominfo. Diskusi pada sesi ini lebih membahas pada ?pengelolaan nama domain termasuk Internasional Domain Name-IDNs terutama ?sejak pengelolaan domain internet di Indonesia berganti dari Depkominfo ke ?organisasasi TI Pandi. ?
Diskusi hari kedua pada Kamis (11/7/2007) diawali dengan sesi pertama ?yang mengambil topik dengan judul “Pengelolaan Warnet dan Pengembangannya ?sebagai ICT Center” dengan moderator Sylvia W. Sumarlin. Pembicara pada sesi ?pertama ini adalah Judith MS Lubis dan Irwin Day dari Awari, Rudi Rusdiah, ?APW Komitel, dan Naswil Idris dari praktisi TI.

?Forum diskusi pada sesi kedua dengan topik “Infrastruktur jaringan, ?Keamanan dan Hukum Dunia Maya” dengan moderator Noor Iza. Pembicara diskusi ?kali ini adalah yang kompeten di dalam bidang tersebut seperti Ismail Ahmad, ?Ditjen Postel Depkominfo, Hammam Riza, Iptek Net BPPT, Edmon Makarim, LKHT ?UI dan Aldi Haryo Pratomo dari organisasi sosial TI KIFA dan UNDP.

?
Secara umum, diskusi yang dibahas adalah mengenai banyaknya ?permasalahan dalam pengelolaan internet di Indonesia yang memerlukan identifikasi ?masalah, roadmap, Terms of Reference (TOR) pengelolaan dan pengembangan ?internet di Indonesia. Permasalah tersebut meliputi yang meliputi pengelolaan nama ?domain, Pengelolaan nomor IP, Keamanan internet, penggunaan internet exchange ??(IIX), pengelolaan ENUM dan IPv6, multibahasa di internet dan dan masalah lain ?yang terkait dengan pengelolaan internet. Forum diskusi ini juga menindaklanjuti ?dari rencana WSIS yang mentargetkan 50 persen penduduk bumi bisa mengakses ?internet. BAMBANG?

1 COMMENT

Comments are closed.