MySQL Santa Clara – Sun Microsystems telah memasuki tahap kesepakatan untuk mengakuisisi My SQL AB. Akuisisi ini mengakselerasi posisi Sun di antara perusahaan TI sebagai perusahaan yang termasuk ke dalam pasar database yang mencapai US$15 miliar. Pengumuman ini memperkokoh posisi Sun sebagai pemimpin dalam penyedia platform bagi ekonomi Web serta peranannya sebagai kontributor open source komersial.

“Akuisisi ini memperkokoh posisi Sun di tengah ekonomi Web global. Dukungan terhadap rencana pertumbuhan kami secara keseluruhan dengan mengakuisisi MySQL memperkokoh investasi kami dalam bidang teknologi yang merupakan tuntutan dari mereka yang mendorong efisiensi dan pertumbuhan yang tinggi, mulai dari raksasa media Internet hingga perusahaan tradisional terbesar dunia,” ujar Jonathan Schwartz, CEO dan Presiden, Sun Microsystems.

Database open source MySQL digunakan secara luas dalam seluruh sistem operasi, vendor hardware, geografi (semua sektor), industri, dan tipe aplikasi besar. Jajaran produk pelengkap akan memperluas jangkauan database MySQL dan diharapkan dapat membuka pasar baru bagi sistem, virtualisasi, middleware, dan storage platform Sun.

“Kombinasi MySQL dan Sun mewakili kesempatan besar untuk pengguna dan organisasi dari berbagai skala yang mencari inovasi, pertumbuhan dan pilihan,” kata Marten Mickos, CEO, MySQL.

Lebih dari 100 juta kopi software database open source MySQL  telah di-download dan didistribusikan, selain itu tambahan 50.000 kopi di-download setiap hari. Penetrasi global ini bersama dengan kekuatan MySQL di Web 2.0. Software sebagai Service (SaaS), perusahaan, telekom, dan karakteristik pasar OEM menjadikannya pasangan yang penting bagi Sun. Dengan MySQL, Sun akan memiliki kemampuan untuk mempererat hubungan yang telah ada dengan pelanggan dan menciptakan kesempatan baru dengan perusahaan yang mencari fleksibilitas dan kemudahan menggunakan sistem open source.Setelah melengkapi transaksi yang diajukan, MySQL akan digabungkan dengan organisasi Software, Sales and Services Sun dan CEO perusahaan, Marten Mickos, akan bergabung dalam tim pemimpin eksekutif senior Sun. Sementara, tim gabungan dengan perwakilan dari kedua perusahaan akan membangun rencana integrasi yang akan membangun sinergi teknis, produk dan budaya serta praktik pengembangan bisnis dan produk terbaik dari kedua perusahaan. MySQL berkantor pusat di Cupertino, CA dan Uppsala, Swedia dan memiliki 400 karyawan di 25 negara.

Sebagai bagian dari transaksi, Sun akan membayar sekitar $800 juta tunai untuk membeli seluruh saham MySQL dan kurang lebih $200 juta untuk membeli hak opsi (option). Transaksi diharapkan akan ditutup paling lambat pada kuartal ketiga atau awal kuartal empat tahun fiskal Sun 2008. Penyelesaian transaksi bergantung pada kondisi persetujuan peraturan dan penutupan tertentu lainnya. Perjanjian diharapkan dapat menambah pemasukan operasional FY10 dengan basis GAAP. (Bambang)

loading...

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.