hp_invent_logo.pngCalifornia – HP melakukan terobosan barunya dalam proses daur ulang yang memungkinkan plastik bekas konsumen didaur ulang menjadi katrid printer inkjet HP original yang baru. Lebih dari 200 juta katrid telah diproduksi dengan menggunakan proses ini.

HP memanfaatkan lebih dari 5 juta pound plastik daur ulang untuk produksi katrid inkjet-nya tahun lalu, selanjutnya HP berkomitmen untuk terus menggunakan bahan yang sama sebanyak dua kali lipat pada tahun 2008.

Proses daur ulang HP yang inovatif memudahkan pengumpulan dari berbagai sumber dan kondisi dari plastik daur ulang – dari botol air minum sehari-hari menjadi katrid HP Inkjet dengan teknik tinggi.
Sebagai rancangan yang berkesinambungan, penggunaan konten daur ulang dapat menghemat energi dan mencegah bertambahnya sampah plastik di area-area pembuangan sampah –karena sejak awal proses program ini berjalan, HP telah mempergunakan cukup banyak plastik yang didaur ulang hingga sebanyak 200 truk trailer.

“Dengan mengembangkan teknologi yang menjadikan HP dapat memanfaatkan kembali plastik daur ulang untuk pembuatan katrid inkjet HP orisinil, kami memiliki peluang untuk mengurangi dampak pencemaran terhadap bumi,” ujar Michael Hoffmann, Senior Vice President, Supplies, Imaging and Printing Group, HP.

Dalam mengembangkan proses ini, sejumlah insiyur, ahli kimia, serta mitra HP mendedikasikan diri mereka untuk menemukan cara penggunaan bahan daur ulang yang mampu memberikan manfaat bagi lingkungan, sekaligus tetap mampu menghadirkan kualitas dan reliabilitas produk yang disyaratkan oleh konsumen.

P memiliki program pengembalian katrid Inkjet HP melalui HP Planet Partners. Program ini memungkinkan terjadinya proses daur ulang multi-fase yang meleburkan bekas katrid menjadi bahan baku, seperti plastik dan logam. HP menggabungkan plastik yang berasal dari katrid inkjet dengan botol yang didaur ulang serta beberapa bahan tambahan lainnya untuk memastikan bahwa semua bahan daur ulang memenuhi standar kinerja HP yang tinggi.

umlah konten yang didaur ulang pada katrid HP inkjet sangat bervariasi antara 70 hingga 100 persen dari total plastik yang digunakan, namun keandalan hasil dari setiap produk benar-benar telah teruji dan HP konsisten dengan program ini.

Berbeda dengan perusahaan-perusahaan yang langsung memproduksi ulang katridnya, HP telah menemukan cara tersendiri untuk membentuk komponen plastik daur ulang menjadi katrid inkjet original HP.

Sebagai bentuk pengakuan terhadap pendekatan HP dalam menggunakan konten daur ulang, The Society of Plastics Engineers, organisasi perdagangan untuk para profesional di bidang plastic, berencana memberikan penghargaan paling prestisius dalam hal pelestarian lingkungan kepada HP di acara The Global Plastics Environmental Conference yang berlangsung pada Bulan Maret mendatang.

“Penggunaan plastik daur ulang oleh HP pada aplikasi yang secara teknis berstandar tinggi sebagaimana yang ditetapkan untuk katrid inkjetnya, menunjukkan bahwa inovasi tersebut memiliki standar yang tinggi pula,” ungkap Larry Koester, Vice President of Communications, Environmental Division, Society of Plastics Engineers. “Pencapaian yang monumental ini tercipta setelah melalui upaya-upaya pelestarian lingkungan yang telah dilakukan secara intensif selama bertahun-tahun oleh HP dan para mitranya.”

Pendekatan HP terhadap pengelolaan lingkungan senantiasa memperhatikan setiap aspek dari produk daur ulang – dari mulai desain, pembuatan hingga daur ulang. Memproduksi plastik daur ulang menjadi katrid original inkjet HP mengakhiri perputaran pengelolaan siklus plastik tersebut.

Penggunakan konten daur ulang merupakan kemajuan yang paling mutakhir dari program Design for Environment HP. Program ini nyata dalam memperkecil dampak lingkungan dari katrid HP melalui penggunaan bahan, kemudahan dalam mendaur ulang serta pengepakan secara efisien.
Program pengembalian dan daur ulang katrid melalui Planet Partners hadir untuk mendukung kemudahan serta kenyamanan pengelolaan katrid yang sudah tidak terpakai di lebih 45 negara, wilayah dan teritori. Konsumen dapat menaruh kepercayaan terhadap pengelolaan lingkungan HP karena katrid yang dikembalikan melalui Planet Partners tidak pernah diisi ulang, dijual kembali, atau dibuang. (Bambang)

9 COMMENTS

  1. suatu terobosan yang sangat bijak apa yang dilakukan oleh HP dengan memanfaatkan plastik sebagai bahan dasar katrid. Semoga ini merupakan momen untuk memanfaatkan plastik sebagai bahan baku untuk produk yang lainnya, karena secara tidak langsung ini mengurangi siklus plastik yang semakin hari semakin merajai…Bravo HP

  2. Sebagai salah satu pemakai printer HP saya merasa bangga dengan upaya yg dilakukan oleh HP, dimana kita tahu bahwa bila suatu bahan plastik digunakan sebagai kemasan minuman atau lainnya setelah selesai dipergunakan akan menjadi sampah lagi dalam waktu dekat, sedang catridge printer penggunaan nya agak lebih lama sehingga plastik tersebut memiliki umur yang agak panjang sebelum menjadi sampah..

  3. Kalau masalah daur ulang saya sangat setuju dengan memafaatkan limbah plastik yang sudah tidak terpakai menjadi barang yang bisa dimanfaatkan lagi, tapi kalau masalah produk saya rasa masih kurang, kalau bisa HP menciptakan katride yang kuat dan handal yang tidak mudah rusak dan tinta tidak mudah kering ( rusak ) walaupun printer tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  4. maaf aku ga berkomentar tapi aku mau tanya caranya mendaur ulang limbah plstik sprt bekas botol air minera gimana c? soalnya aku mau buat partisi yang salah satu bahannya itu limbah botol plastik air mineral. bisa jelasin caranya ga? trus apa ada bahan canpuran kimia tertentu yang musti dicampurin? jika bisa segera dibalasnya…..terima kasih

  5. AQ SALUT BANGET DENGAN HP, KARENA DENGAN CARA SEPERTI INI KITA BISA PERGUNAKAN BAHAN YANG TADINYA SAMPAH YANG MAU KITA BUANG KARENA TIDAK LAYAK LAGI KITA PAKAI TAPI KITA BISA MENGGUNAKAN KEMBALI DENGAN INOVASI BARU. YANG PASTINYA BERGUNA BAGI SEMUA ORANG DAN YANG PASTI KITA BANGGA KARENA ITU PERTANDA HP ITU KREATIF. SUKSES BUAT HP N TERUS LAKUKAN INOVASI, BRRAAAAAVOO……..!!!

  6. LUAR BIASA……. gamana caranya y….? wah ada cara yang lbh praktis ga ya buat daur ulang plastik….

  7. Saya bangga dgn Hp, tapi saya berharap Hp bisa menciptakan printer yang tahan lama walaupun jarang di gunakan.satu lagi kenapa harga tinta original hampir sama dengan printer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.