San Diego Qualcomm dan Huawei mengumumkan penandatanganan kerjasama untuk Node B (base station) receiver design yang memberikan manfaat bagi seluruh sistem UMTS, Release 99 dan seterusnya. Menurut siaran pers yang diterima, kerjasama ini meliputi teknologi baru yang mampu meningkatkan kinerja data throughput jaringan High Speed Uplink Packet Access (HSUPA) hingga 60 persen. Teknologi yang ditransfer Qualcomm dalam kerjasama ini memungkinkan Huawei untuk menggunakan jaringan 3G canggih di pasar melalui teknologi berbasis UMTS apapun.

“Qualcomm dan Huawei memiliki hubungan yang dekat. Kami bangga dengan kesempatan untuk bersama-sama menunjukkan pengembangan UMTS dan menyediakan kapasitas yang lebih besar serta menghadirkan kesempatan baru bagi para pelanggan global” kata Jing Wang, executive vice president, Qualcomm, mengenai kerjasama ini.

“Tahun lalu, Huawei memenangkan 44 kontrak komersial untuk menggunakan solusi UMTS/HSPA. Salah satu faktor kesuksesan dalam memperoleh kepercayaan dari para operator terkemuka kelas dunia adalah kemampuan kami untuk secara konsisten menghadirkan kinerja jaringan kami melalui pengembangan teknologi nirkabel kelas dunia bersama-sama dengan para pemimpin industri,” ujar Yu Chengdong, president, Wireless Network BU Huawei.

Fitur utama teknologi ini adalah Uplink Interference Cancellation, sebuah komponen receiver design canggih untuk teknologi Node B. Uplink Interference Cancellation menggunakan baseband processing untuk meminimalkan interferensi yang dapat muncul dari multiple uplink data streams dalam sebuah cell maupun cell di sebelahnya. Untuk 2msec transmission time intervals (TTIs), Uplink Interference Cancellation mampu meningkatkan total HSUPA cell throughput hingga 60 persen dengan peningkatan median user data rate sekitar 65 persen.

Simulasi menunjukkan bahwa sistem dengan fitur ini juga dapat mendukung peningkatan hingga 46 persen pada cell Voice-over-IP (VoIP) traffic pada HSUPA Release 7 system dan peningkatan 200 persen pada Release 99 system. Hal ini memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para mereka yang menggunakan piranti nirkabel untuk melakukan upload dan berbagi data-intensive photograph dan video maupun untuk mengakses layanan VoIP yang populer. (Bambang)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.