Google, Merubah Aturan Bisnis dan Budaya

Ditulis pada 19 February 08

Cover Buku The SearchMengapa buku ini membicarakan tentang mesin pencari? Dengan menggunakan pencarian, seseorang bisa menceritakan era internet modern dan semua aspek kebudayaan dan bisnisnya, sejak awal tahun 1990an sampai masa depan yang tidak terbatas. Pencarian semakin agresif saat kedatangan web untuk kedua kalinya, yang dimotori perusahaan-perusahaan seperti Google, eBay, Amazon, Yahoo, dan microsoft. Perusahaan-perusahaan ini tengah berperang dengan kekuatan panuh untuk merebutkan pasar masa depan bernilai ratusan miliar dolar.


Alasan ini sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk menjelaskan mengapa kita harus belajar lebih banyak tentang pencarian. Pencarian mengendalikan internet dan akan terus melakukannya. Pencarian telah menciptakan Google yang tidak diragukan lagi menjadi salahs atu perusaan yang sangat istimewa di era internet.

Menurut penulis buku “The Search”, John Battelle, apa yang diinginkan dunia adalah sebuah perusahaan yang bisa menjawab semua pertanyaan dengan segala kemungkinan jawaban yang dapat membuka semua teka-teki bisnis dan kebudayaan manusia itu sendiri. Dan selama beberapa tahun terakhir, itulah yang telah dilakukan Google.

Buku ini menawarkan lebih dari sekedar cerita di balik kesuksesan Google. Buku ini juga menggambarkan masa lalu, masa kini dan masa depan pencarian dan dampaknya bagi dunia marketing, media, kebudayaan populer, hubungan pria dan wanita, pencarian pekerjaan, hukum internasional, kebebasan publik dan hampir semua aspek menarik manusia

Buku ini terbagi dalam 11 bab dan bergaya bahasa sangat lugas. Apalagi, buku ini sebagian besar adalah cerita perjalanan si penulis dalam memulai kiprahnya di dunia dot-com. John Battelle adalah editor pendiri Wired dan pendiri The Industry Standard, termasuk TheStandard.com. Ia juga menjadi pengatur program untuk konferensi Web 2.0.

Judul : The Search
Penulis : John Battelle
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tebal : 342 hal
Harga : Rp. 62.800,-

* Resensi lebih lengkap mengenai buku “The Search” bisa Anda baca pada majalah Biskom Edisi Februari 2008

Tags: , , , , ,