Home Kegiatan Majukan Pendidikan TI, Apkomindo DIY Sumbang PC ke Sekolah

Majukan Pendidikan TI, Apkomindo DIY Sumbang PC ke Sekolah

250

apkomindo1.jpgYogyakarta – Baru-baru ini, Apkomindo DIY menggelar Gerakan Apkomindo Peduli Pendidikan dengan tema “Komputer untuk Tunas Bangsa”. Menurut Hadi Santono, Ketua Apkomindo DIY, sebagai sebuah asosiasi, Apkomindo DIY memiliki kewajiban sosial untuk memacu pertumbuhan dan mengembangkan pendidikan IT di Yogyakarta. “Tujuan pelatihan ini adalah agar para guru dapat memanfaatkan PC Apkomindo Peduli dan IGOS Nusantara untuk Proses Belajar Mengajar (PBM) di sekolah,” tulis Hadi Santono pada keterangan tertulis yang diterima Biskom. Apkomindo DIY mengharapkan para guru dapat berpartisipasi secara aktif dalam mengembangkan IGOS Nusantara.

Pada awal tahun 2008, gerakan tersebut telah berhasil memberikan sumbangan total sebanyak 20 (dua puluh) unit PC kepada 4 SD di wilayah DIY. PC yang diberi nama “PC Apkomindo Peduli” tersebut memiliki spesifikasi Processor Celeron 1.6Ghz, Memory DDR2 512 MB, Floppy Disk Drive 1.44”, Hard Disk 80 GB, CDROM 52X, Monitor 15”, Keyboard, Mouse, dan Stabilizer 500 VA. PC tersebut sudah dilengkapi dengan OS IGOS Nusantara yang lengkap dengan aplikasi Office.

apkomindo2.jpg

Tahap pertama serah terima 5 (lima) unit PC kepada SDN Baturetno, Kec. Banguntapan, Bantul dilaksanakan di Ruang Komputer SD Baturetno (26/2). Bantuan diserahkan oleh Hadi Santono kepada Sujadiman, Kepala Sekolah SDN Baturetno. Selain PC, juga diserahkan CD dan Buku Panduan Instalasi dan Penggunaan IGOS Nusantara dari RISTEK (Kementerian Negara Riset dan Teknologi RI).

apkomindo3.jpg

Dalam penyerahan “PC Apkomindo Peduli”, diselenggarakan Pelatihan IGOS Nusantara untuk guru-guru di SDN Baturetno. Sesuai dengan jumlah PC yang disumbangkan, maka peserta pelatihan dibatasi maksimal 10 peserta. Peserta berasal dari guru SDN Baturetno dan dari guru-guru SD lainnya dalam 1 gugus.

Pelatihan ini dipandu oleh Tim KSL (Kelompok Studi Linux) Univ. Atma Jaya Yogyakarta. Materi pelatihan dibagi menjadi 3 bagian. Bagian pertama berupa proses instalasi IGOS Nusantara, bagian kedua berupa seluk-beluk penggunaan IGOS Nusantara, dan terakhir berupa aplikasi Office pada IGOS Nusantara. Gerakan Apkomindo Peduli Pendidikan tersebut didukung oleh Majalah BISKOM dan RISTEK (Kementerian Negara Riset dan Teknologi RI). (Sumber : Hadi Santono/Apkomindo DIY)

apkomindo.jpg biskom.jpgristek.jpg

3 COMMENTS

  1. saya salut terhadap kemajuan yang anda raiuh sekarang saran saya mohon dipertahankan minimal kalau bisa ditingkatkan. Tetapi yang lebih penting dari harapan kami adalah bisa menginformasikan bagaimana anda bisa meraih itu semua.

Comments are closed.