Jakarta – Microsoft dan Cisco bekerja sama menawarkan Windows Server 2008 dengan optimalisasi Cisco WAN dalam sebuah solusi untuk lingkungan kantor cabang. Cisco akan menanamkan sebuah komponen virtualisasi di dalam keluarga appliance Wide Area Application Services (WAAS) yang akan membantu pelanggan-pelanggan menjalankan layanan-layanan Windows Server 2008 untuk kantor-kantor cabang dari dalam infrastruktur jaringan mereka yang sudah ada.

Kedua perusahaan bermaksud menawarkan Windows Server 2008 yang sudah berisi appliance Cisco WAAS baru yang sudah tervirtualisasi, dijadwalkan tersedia tahun ini. Untuk mengoptimalkan nilai dari solusi ini bagi para pelanggan, kedua perusahaan bermaksud untuk menguji dan memvalidasi arsitektur-arsitektur untuk infrastruktur teknologi informasi (TI) yang berada di kantor cabang dan untuk menawarkan gabungan dukungan. Kemudian Cisco dan Microsoft berencana untuk bekerja sama dalam mempromosikan kesadaran akan solusi terintegrasi di antara channel reseller dan pelanggan dengan menawarkan kerangka kerja bisnis dan program pemasaran.

“Menambah kolaborasi kami dengan Cisco untuk solusi-solusi terintegrasi bagi kantor-kantor cabang merupakan sebuah peluang yang menarik bagi para pelanggan kami dan bagi Microsoft dan Cisco,” kata Bob Muglia, Senior Vice President, divisi Microsoft Server and Tools Business.

Dengan mengintegrasikan optimalisasi Cisco WAN dengan Windows Server 2008, para pelanggan akan membantu memastikan kinerja end-user di kantor cabang untuk mengakses pusat-pusat data dan aplikasi-aplikasi terpusat, sementara dengan efisien melakan deployment layanan-layanan penting Windows Server 2008 secara lokal, semuanya lewat sebuah platform TI jarak jauh yang sama.

“Melanjutkan pengumuman kami tahun lalu, Microsoft dan Cisco akan bekerja sama di sebuah arsitektur gabungan dan menawarkan teknologi baru yang meningkatkan kinerja dan efisiensi aplikasi yang di-host secara lokal dan juga diantarkan lewat jaringan-jaringan area luas,” kata Jayshree Ullal, Senior Vice President, Cisco Data Center, Switching and Services Group.Layanan-layanan Windows Server 2008 yang akan ditawarkan sebagai bagian dari platform-platform Cisco WAAS pada awalnya adalah Domain Name System (DNS), Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), Active Directory, dan Print Services.

Layanan-layanan Windows Server 2008 yang akan datang yang tersedia dengan keluarga produk WAAS menandai evolusi berkelanjutan dari solusi-solusi Cisco Application Delivery Networks. Solusi-solusi teknologi lanjut ini dirancang untuk menjadikan jaringan sebuah platform yang sangat efisien untuk pengantaran aplikasi – mempercepat dan meningkatkan keamanan aplikasi-aplikasi yang penting bagi bisnis sementara sekaligus meningkatkan pengalaman end-user dan produktivitas TI. (Bambang)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.