Home Editorial Ayo Gunakan Open Source Software

Ayo Gunakan Open Source Software

129

Berkaca pada negara lain yang sukses mengaplikasikan Open Source, Indonesia seharusnya bisa melakukan hal serupa. Dilihat dari berbagai aspek, Indonesia yang merupakan negara berkembang lebih cocok menggunakan aplikasi berbasis Open Source. Penggunaan Open Source tidak hanya untuk kebutuhan personal atau aplikasi office saja, namun bisa diterapkan menjadi lebih kompleks.

Untunglah pemerintah Indonesia mendukung Open Source yang dibuktikan dengan program Indonesia, Go Open Source! atau lebih dikenal IGOS. Dari program pemerintah tersebut akhirnya berhasil melahirkan inkubator IGOS Center yang saat ini sudah ada di Bandung. Inkubator Open Source tersebut telah berhasil mengembangkan produk tepat guna yang bisa menjadi solusi bagi bangsa Indonesia diantaranya adalah Pemilu. Dibandingkan menggunakan sistem informasi berbasis propiertary, penggunaan sistem berbasis Open Source jelas jauh lebih hemat sehingga bisa menekan dana penyelenggaraan pemilu. Selain itu, penggunaan Open Source akan mengurangi ketergantungan ke pihak asing dalam hal perancangan piranti lunak.
Pendidikan Open Source pun sudah mulai diajarkan mulai dari sekolah dasar. Ini terlihat dari beberapa SD di Yogyakarta yang sudah mulai belajar komputer yang berbasis Open Source. Komputer hasil bantuan dari kerjasama antara Apkomindo Jogja, Ristek dan Biskom tersebut akan sangat membantu perkembangan dunia TI di Indonesia. Berbagai keuntungan akan Anda peroleh ketika menggunakan Open Source, mari gunakan sekarang juga!

1 COMMENT

Comments are closed.