Jakarta – Konsorsium Palapa Ring yang beranggotakan enam perusahaan telekomunikasi di Indonesia telah selesai melakukan proses seleksi
calon bidder yang akan melakukan penawaran untuk membangun proyek
jaringan serat optik bawah laut di kawasan Indonesia Timur. Keenam anggota konsorsium tersebut yaitu Telkom, Infokom Elektrindo, Indosat , XL, Bakrie Telecom, dan Powertek Utama Internusa. Mereka secara bersama-sama berkomitmen membangun jaringan serat optik bawah laut dengan kapasitas 8,44 ? atau setara bandwidth 84,4 Gbyte yang akan menghubungkan seluruh propinsi di pulau-pulau Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua.
Jaringan sepanjang kurang-lebih 11.000 km ini akan melintasi 32 landing point tersebar di kawasan tersebut. Pra-kualifikasi untuk memilih calon bidder yang memenuhi syarat dimulai pada tanggal 17 Maret 2008 dengan diumumkannya pada sejumlah media. D
Setelah melalui evaluasi selama dua minggu dengan menilai pemenuhan
terhadap persyaratan kualifikasi tersebut diatas, Konsorsium menetapkan lima perusahaan yang lolos seleksi pra-kualfikasi yaitu Alcatel-Lucent, Global Marine System Ltd, NEC Corporation, NSW-Fujitsu, dan Tyco Telecommunications.
Kelima perusahaan tersebut telah diundang untuk membeli dokumen Request for Proposal pada tanggal 16 – 19 April 2008 di Procurement Group Konsorsium Palapa Ring. (Bambang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.