Sebagai operator telekomunikasi terkemuka, XL menyatakan kesiapannya dalam era less cash society (transaksi tanpa uang tunai) yang didengungkan oleh dunia perbankan dunia. Baik infrastruktur maupun aplikasi dan service yang mampu mendukung less cash society telah disiapkan XL, diantaranya berupa M-Banking, Wimax for ATM, serta Mobile EDC (electronic data capture).

“XL telah mengembangkan layanan untuk mendukung aktivitas less cash society sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan tuntutan tren masyarakat modern. Kami juga sedang mengembangkan layanan lain yang bisa mempermudah layanan perbankan secara mobile,” kata Titus Dondi, GM Enterprise & Carrier XL.
Mengenai Wimax for ATM, XL telah dan sedang membangun layanan koneksi broadband wireless untuk ATM ini di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Dengan layanan ini, layanan perbankan melalui ATM akan menjadi lebih aman, cepat, serta mempunyai jangkauan yang lebih luas. Sementara itu, dengan layanan Mobile EDC, proses pembayaran akan menjadi lebih mudah, fleksibel, dan mobile. Alat pembayaran elektronik tanpa kabel, antara lain untuk pembayaran dengan kartu kredit, yang menggunakan jaringan GSM sehingga yang bisa dibawa ke mana-mana. Alat ini akan mempermudah misalnya layanan delivery order.

  XL juga telah menyiapkan infrastruktur telekomunikasi yang antara lain berupa  Multi Point Label Switching (MPLS), Leased Line, Mobile VPN (Mobile Data Services-MDS). XL juga menampilkan kemampuannya pada layanan Broandband Internet Access, Corporate User Group, Web 2 SMS, VoIP, serta Blackberry.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.