Anda Lebih Pintar Daripada yang Mereka Kira

Ditulis pada 10 May 08

Sutiono Gunadi – Buku yang ditulis oleh seorang pemikir yang sangat berpengaruh di dunia bisnis masa kini, diawali dengan peringatan agar Anda jangan membaca buku ini sekaligus karena Anda akan sakit kepala. Buku ini sendiri ditulis selama delapan tahun.

Pelajaran pertama diawali dengan contoh kasus AAA Auto Parts, penjual onderdil mobil AAA. AAA Auto Parts tidaklah bertolak belakang dengan apa yang selama ini Anda sangka, diambil dari nama Alfred A. Archos. Pemiliknya memiliki strategi yang sama dengan Jeff Bezos, ketika ia memberi nama Amazon. Menjadi yang pertama di buku direktori telepon.

Jadilah yang pertama dan terbesar, bab pertama buku ini adalah tentang bagaimana Anda tidak harus khawatir untuk menjadi yang pertama. Yang pertama dalam buku direktori telepon, atau yang pertama memasarkan. Jika ide Anda memang hebat, orang-orang akan mencari Anda.

Buku yang dikumpulkan dari tulisan dari blog yang di-posting-nya, kumpulan majalah dan e-books-nya disusun berdasarkan abjad mulai dari A sampai Z. Diawali dari “Accountability” dan diakhiri oleh “Zebra Cake Famous”.

Di era teknologi informasi, CEO juga perlu menulis blog. Blog yang berhasil dinilai berdasarkan kecemerlangan, sangat dibutuhkan, tepat waktu, singkat, kontroversi dan kegunaan. Terima kasih kepada Al Gore, Internet mengubah segalanya. Sekarang seorang yang dilengkapi dengan sebuah keyboard dapat menjangkau jutaan orang. Seorang dengan kamera video dapat menceritakan sebuah kisah yang berputar keliling dunia. Dan satu orang dengan sebuah blog dapat menjual banyak komputer.

Gmail adalah kesempatan terbesar Google untuk mengubah bahan dasar dari web yang anonim. Dan, secara mendadak Google mail menjadi standar emas. Jika bukan uang atau pemrograman yang brilian, apa yang akan menceritakan kesuksesan Internet di masa depan. Pelaksanaan tanpa henti, resistensi untuk berkompromi, apa yang tidak Anda lakukan, kemauan untuk berada tiga langkah di depan, melakukan sesuatu yang patut dilakukan, menghubungkan orang dengan orang, membuat uang dari detik pertama, tidak bergantung pada satu mitra besar, mengabaikan orang-orang bijak, dan menepati janji.

Judul buku ini adalah “Small is the New Big” merupakan salah satu dari kumpulan tulisan yang ditempatkan di urutan huruf S. Besar dulunya berpengaruh. Besar berarti economics of scale. Besar berarti kekuatan, dan keuntungan dan pertumbuhan. Besar berarti pengendalian persediaan, dan pengendalian pasar. Ada alasan yang bagus untuk hal ini. Nilai diberikan dengan cara yang sesuai dengan organisasi besar. Nilai ditambahkan dengan efisiensi dalam produksi, distribusí yang luas, pekerja riset dan pengembangan banyak. Nilai datang dari ratusan operator yang siap dan dari anggaran iklan TV sebesar sembilan angka. Nilai datang dari tenaga penjual yang besar.

Small is the new big, karena kecil memberi mereka fleksibilitas untuk mengubah model bisnis Anda ketika pesaing Anda mengubah model mereka. Kecil berarti bahwa Anda dapat mengatakan yang sebenarnya di blog Anda. Kecil berarti Anda dapat membalas email dari konsumen Anda. Small is the new big hanya terjadi bila orang yang mengelola perusahaan kecil berpikiran besar. Jangan menunggu. Jadilah kecil. Berpikirlah besar. Buku ini ditutup dengan bonus e-book tentang desain situs web.

Judul : Small is the New Big
Penulis : Seth Godin
Penerbit: Elex Media Komputindo
Tebal : xvi + 384 halaman