Sun Microsystems dan komunitas OpenPortal mengumumkan inisiatif open source baru dengan Liferay, mengembangkan platform presentasi berbasis Web yang menggabungkan teknologi portal dan integrasi dari kedua perusahaan tersebut. Sekarang para pengembang akan memiliki akses platform presentasi berbasis Web yang baru, stabil, dan berdasarkan standard. Keuntungan yang akan diperoleh dari inisiatif produk Sun dan Liferay ini adalah memberikan kemampuan presentasi yang ringkas, ringan bagi GlassFish, open source Sun, server aplikasi Java Platform Enterprise Edition (Java EE). Download gratis tersedia di http://www.glassfish.org/portal.

Sun dan Liferay juga merencanakan untuk memasarkan dan menjual produk dan layanan secara terpisah berdasarkan pada platform open source yang umum dikembangkan, yang menawarkan fungsionalitas tambahan dan pilihan yang lebih banyak tergantung pada fitur dan tingkat layanan yang diperlukan. Sun juga mengeluarkan preview release mengenai platform ringkas untuk menyederhanakan pengembangkan website serta membangun ruang kerja yang kolaboratif. Platform baru Sun juga memungkinkan para pengembang Web untuk menggabungkan role-based access pada konten dan aplikasi, menambahkan layer keamanan tambahan dan kontrol pada portal.

Mark Herring, Vice President Marketing, Software Infrastructure, Sun Microsystems mengatakan, “Karena keterlibatan Sun di dalam open source bertambah, pelanggan dan pengembang dapat mengharapkan untuk melihat model-model kerja sama baru di dalam komunitas perangkat lunak open source untuk mendorong adopsi teknologi-teknologi yang menarik.

“Liferay adalah salah satu komunitas open source yang berpengalaman dan aktif untuk portal dan teknologi presentasi berbasis Web dengan lebih dari 50.000 pengunduh per bulan dan lebih dari 8.000 pengguna yang telah terdaftar,” kata  Brian Chan, Creator and Chief Software Architect, Liferay.

Komunitas Liferay memanfaatkan open source Web Services for Remote Portlets (WSRP) dan Portlet Container (JSR 286 – portlet specification 2.0) dari Open Portal Community yang disponsori Sun. Ketiga produk tersebut – platform baru Sun untuk  disain Website kolaboratif, Sun Java System Portal Server 7.2, dan Liferay Portal 5.0—memanfaatkan implementasi Portlet Container dan WSRP yang sama. Liferay telah memberikan dukungan bagi OpenSSO, proyek open source yang disponsori Sun memungkinkan kemampuan single sign-on dan menyederhanakan akses Portal bagi pengguna. Liferay juga telah mensertifikasi Liferay Portal 5.0 untuk dijalankan pada GlassFish, server database MySQL, Sistem Operasi Solaris, dan perangkat keras Sun seperti server Sun Fire X2100 M2.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.