Perhelatan paling akbar yang dipersembahkan sebagai apresiasi bagi pengembang software open source Indonesia, sekaligus bagi bangsa yang bebas merdeka dari adanya pembajakan, tinggal menghitung hari.

Kurang dari seminggu, tepatnya pada 27-28 Mei 2008 mendatang, IGOS Summit 2 akan dilangsungkan di Jakarta City Center (JaCC). Hingga hari ini, sejumlah persiapan terus dilakukan, termasuk berbagai promo guna mensosialisasikan IGOS Summit 2.

Ferry Harris, Marketing Komunikasi IGOS Summit 2 yang ditemui saat tampil sebagai nara sumber dalam siaran IPTEK VOICE di Radio RRI Pro2 FM mengatakan, “Persiapan saat ini sudah mencapai 60% lebih. IGOS Summit 2 memang dipersiapkan secara khusus karena ini merupakan kampanye terbesar untuk masyarakat Indonesia agar menggunakan sistem operasi open source yang legal, dan melupakan software bajakan.”

Lebih lanjut Ferry mengatakan, seharusnya tidak usah ada keragu-raguan untuk menggunakan Indonesia Open Source (IGOS), sistem operasi yang dikembangkan Kementerian Riset dan Teknologi (Ristek) karena IGOS sebagai software sumber terbuka sudah kompatibel dengan semua produk TI dan aplikasinya semakin bervariasi.

Di kesempatan yang sama, Sutiono Gunadi yang mewakili Majalah BISKOM, media partner IGOS Summit 2 mengatakan, “Sebagai media partner, BISKOM secara maksimal mensosialisasikan IGOS Summit 2 agar diketahui oleh lebih banyak masyarakat. Selain itu, kami pun terus memberitakan dan mengikuti perkembangan IGOS agar masyarakat sadar bahwa ada pilihan penggunaan software yang legal.”

Selain itu, ujar Sutiono yang juga Sekretaris Jenderal Asosiasi Perusahaan Komputer Indonesia (Apkomindo), sebagai asosiasi yang mewadahi banyak perusahaan komputer dan TI di seluruh Indonesia, Apkomindo akan menjadi sarana yang efektif dalam pendistribusian IGOS. “Penggunaan software legal merupakan komitmen Apkomindo, sehingga tujuan dari IGOS Summit 2 ini sejalan dengan Apkomindo,” katanya.

Sementara Valera Pauline Filiani dari JaCC mengatakan, “JaCC yang terletak di jantung kota memang menjadi tempat yang tepat dan paling strategis untuk penyelenggaraan IGOS Summit 2. Selain itu, JaCC memiliki sarana yang lengkap baik untuk wisata belanja maupun hiburan dan pusat informasi.”

Dari Blog Hingga Talkshow

IGOS Summit 2 sendiri adalah pertemuan tingkat menteri yang akan dihadiri 9 menteri: Muhammad Nuh (Menneg Kominfo), Kusmayanto Kadiman (Menneg Ristek), Bambang Sudibyo (Menneg Pendidikan Nasional), Taufiq Effendi (Menneg PAN), Andi Mattalata (Menneg Hum & HAM), Sofyan Djalil (Menneg BUMN), Fahmi Idris (Menneg Perindustrian), Paskah Suzeta (Menneg Bappenas) dan Hatta Rajasa (Mensekneg).

“Pertemuan menteri-menteri ini terbatas untuk undangan, namun pengunjung tetap dapat melakukan interaksi dengan nara sumber dari hall utama melalui big screen yang telah kami siapkan,” kata Ferry.

Kompetisi penulisan Blog, pembuatan E-Magazine dan Logo Baru IGOS dengan hadiah total puluhan juta rupiah juga menjadi agenda yang sangat menarik, disamping pameran IGOS yang didukung oleh instansi dan perusahaan swasta.

Lomba penulisan blog dan lomba pembuatan logo baru IGOS yang telah ditutup sejak tanggal 16 Mei 2008 lalu, masing-masing telah terdaftar kurang lebih 135 blog dan 175 logo yang akan dikompetisikan. Sementara lomba penulisan e-Magazine dengan tema “Free/Open Source Software (FOSS) Untuk Kemandirian Bangsa” dan “Aku Malu Menggunakan Software Bajakan” akan dilakukan saat pegelaran IGOS Summit 2.

Bagi Anda yang ingin mulai menggunakan software IGOS pada komputer atau laptop Anda, IGOS bisa diperoleh dengan mengunjungi acara ini. IGOS Summit 2 juga padat dengan acara seminar dan talkshow, diantaranya yang akan dibawakan oleh pakar Internet, Onno W. Purbo.

Keterangan lebih lanjut tentang IGOS Summit 2 bisa Anda klik di http://summit.foss-id.web.id/ atau dengan mengunjungi langsung IGOS Summit 2.

loading...

1 COMMENT

  1. Semoga menghasilkan komitmen bersama yang dapat diwujudkan dalam berbagai bidang. Dan salam “Open Source” dapat membudaya di masyarakat Indonesia.. 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.