Microsoft dan Mozilla tengah bersaing merancang web browser mereka masing-masing. Microsoft mempersiapkan IE8, Mozilla memperbarui Firefox-nya.

Firefox 3 sebenarnya sudah siap untuk di-download dari FTP server-nya saat ini, dalam versi Release Candidate (RC) 2. Versi final Firefox 3 sendiri diperkirakan tidak akan jauh dari versi RC2-nya.

Sebelumnya, Mozilla merilis Firefox 2 pada Oktober 2006, dan pada versi terbarunya ini setidaknya terdapat 14.000 perubahan. Dan seperti versi sebelumnya, Firefox 3 mendukung lebih dari  45 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Diantara perubahan-perubahan itu adalah manajemen password yang lebih baik, sistem add-on, one-click site info, tagging, auto complete dan smart bookmark folder. Firefox 3 juga menawarkan fitur yang lebih baik dalam hal standar grafis seperti SVG text dan spesifikasi Canvas.

Firefox 3 akan bekerja lebih cepat dengan waktu page loading yang lebih singkat. Hal ini dikarenakan Gecko Rendering Engine versi 1.9 yang digunakan.

Mozilla juga telah meningkatkan kecepatan responsif terhadap aplikasi-aplikasi web seperti Gmail, Google Docs, Yahoo Mall, Zoho Office dan lainnya. Artinya, aplikasi-aplikasi tersebut akan berjalan lebih cepat.

Yang tak kalah penting, dengan Firefox 3, kita akan terbebas dari kekhawatiran akan serangan spyware, trojan, virus, dan lain-lain karena web browser ini mampu mendeteksi halaman palsu. Setiap mengaktifkan browser, versi add-on dan plug-in Anda akan diperiksa untuk menonaktifkan software yang tidak kompatibel. Ini akan mengurangi resiko ketidakstabilan browser akibat tidak kompatibelnya add-on atau plug-in.

Firefox 3 juga mendukung sertifikat EV, sehingga sebuah icon situs itu akan tampil sebagai tombol hijau di address bar Firefox 3 . Anda bisa melihat sertifikat situs tersebut untuk mengecek pemilik situs, dan melihat apakah koneksi antara Firefox 3 dan situs tersebut terlindung dari penyadapan.

Penasaran dengan Firefox 3? Kabar yang beredar Firefox 3 akan diluncurkan akhir Juni ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.