Home Berita Petrus Golose Raih Gelar Doktor

Petrus Golose Raih Gelar Doktor

371

Masalah cybercrime di dunia internet Indonesia sangat serius, khususnya untuk masalah-masalah hacking. Ada dua kasus hacking yang telah disidangkan di Indonesia. Pertama adalah kasus hacking website Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang ditangani oleh Polda Metro Jaya, dan yang kedua adalah kasus hacking website Partai Golkar yang ditangani oleh Unit V IT & Cybercrime Direktorat II Eksus Bareskrim Polri.

Hal inilah yang kemudian membuat Kombes Petrus Reinhard Golose, Kepala Unit V & Cybercrime Bareskrim Polri, memilih kasus cybercrime sebagai topik distertasinya dalam sidang promosi Doktor dalam bidang kajian Ilmu Kepolisian Program Pascasarjana Universitas Indonesia (UI) hari ini (7/6) di Gedung Balai Sidang Kampus UI, Depok.

Studi kasus yang dipilih untuk disertasinya tersebut berjudul ‘Penyidikan Tindak Pidana Hacking Website Partai Golkar Oleh Unit V IT & Cybercrime Bareskrim Polri’. “Judul ini saya pilih, mengingat ketertarikan saya terhadap cybercrime terutama kasus hacking, dimana kaedah normatif baik materil maupun formil saat pembuatan disertasi ini belum diatur secara khusus,” katanya saat sidang terbuka di depan kurang lebih 8 penguji dan ratusan tamu yang menghadiri acara tersebut.

Selain itu, lanjut Petrus, pengalaman menyidik, penuntut umum dan hakim dalam menangani kasus hacking masih langka. Sedangkan ke depan, diperkirakan cybercrime akan semakin marak terjadi di Indonesia dengan beragam cara dan bentuk seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Dengan disertasi ini, Petrus berharap dapat memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai hacking sebagai bagian dari cybercrime, karakteristik tindak pidana hacking yang berbeda dengan tindak pidana konvensional dan manajemen penyidikan hacking serta faktor-faktor yang mempengaruhi, meliputi faktor kepemimpinan, budaya organisasi dan stakeholder.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Dr. Sarlito W. Sarwono, Psi, selaku Promotor mengatakan, “Disertasi ini merupakan yang pertama di Indonesia, bahkan di Asia dan dunia, dimana saat di tanah air cyberlaw belum disahkan, namun Kepolisian mampu menjerat pelaku hacking dengan pasal-pasal yang ada. Untuk disertasinya yang sungguh baik, maka tim penguji memberikan predikat kelulusan, Sangat Memuaskan dengan nilai rata-rata 3,92.”

Hadir pula dalam acara ini Soegiharto Santoso/ Hoky, Pimpinan Umum Majalah Biskom. Selamat kepada Kombes. Dr. Petrus Reinhard Golose, Polisi Terpelajar, Polisi Masa Depan! (Hk)

Artikel Terkait:
BNPT mendukung PBB dalam pencegahan ancaman penyebaran Violent Extremism
Luncurkan Buku, Petrus Golose Ungkap Aktivitas Teroris di Internet
PETRUS REINHARD GOLOSE: Bahaya! Teroris Kembali Intai Cyberspace
SIDNEY JONES: Blokir Situs Bukan Solusi Cegah Radikalisme
Polri, TNI dan Kejaksaan Bersinergi Tanggulangi Terorisme
Petrus Reinhard Golose: BNPT Upayakan Indonesia Bebas Dari Terorisme

APKOMINDO Optimis Teror Bom Tak Ganggu Bisnis TI
Komjen Anang Iskandar: “4 Juta Pecandu Tanggung Jawab Saya”
Penyegaran Tugas, Polri Rotasi Sejumlah Jabatan
Nanan Soekarna Dilantik Menjadi Wakapolri
Kapolda Jawa Timur, Anton Bachrul Alam: Optimalkan TI Untuk Layani Masyarakat
Petrus Golose Raih Gelar Doktor
Kombes Rycko Raih Doktor UI Ke 7
Aris Budiman, Anggota Polri Kembali Raih Doktor UI
Benny Jozua Mamoto, E-Terrorism Butuh Penanganan Khusus
Dengan TI Polri Janjikan Pelayanan Cepat
Polda Metro Optimalkan Layanan Website
Narkoba: Menggiurkan Tapi Mematikan
Sambodo Purnomo Yogo: Dengan TI, Polisi Tingkatkan Citra dan Kinerja
Fungsi Kepolisian Dalam Penegakan HKI
Bintara Polda Metro Jaya Raih Sertifikat Komputer Forensik
Hindari Bisnis Dari Permasalahan Hukum
29 Mobil Patroli Polisi Dipasangi GPS
Polri Siap Amankan Pemilu 2009
Ketika BIN Memantau JEJARING SOSIAL
UU HAKI Tekan Kerugian Negara
Badan Cyber Nasional Siap Amankan Informasi Cyber
AKBP Yakub Dedy Karyawan: Sistem Tilang Elektronik Siap Diberlakukan
KOMPOL ERWIN HARTA DINATA: TI Bantu Pelihara Keamanan Masyarakat
BISKOM – Polri Sosialisasikan Permasalahan Hukum TI
Kuatkan Energi Digital Indonesia, Pemerintah Siapkan Sejumlah Kebijakan

12 COMMENTS

  1. sayang dalam tulisan di majalah ini tidak disertai pasal pasal berapa yang dikenai oleh para hacking tersebut, dan bagaimana hasil putusan hakim tersebut, saya tertarik dgn disertasi tersebut, apakah boleh mendapatkan disertasi tersebut sebagai tambahan ilmu

  2. Selamat atas keberhasilannya, di bidang Akademis Pendidikan, Semoga Gelar yang diraihnya dapat menjadi tauladan bagi seluruh Anggota POLRI yang lain…

  3. selamat n sukses atas gelar yang di raih oleh KOMBES Petrus R. Golose, kmd untuk dapat di jadikan acuan hukum/ jurisprudensi bagi kasus cybercrime lainnya, mohon untuk segera di sampaikan kepada masyarakat, agar dapat di ketahui sejauh mana putusan pengadilan yang menanganinya, dan dasar majelis hakim memutus menggunakan undang-undang dan atau pasal apa untuk memutus perkara tersebut. tks.

  4. Bang Perus, melihat gelar yang diraih dan prestasi yang saya baca dan cermati, sepantasnyalah pemerintah kita untuk lebih mendukungmu dalam keahlian dan posisimu, bukan saling kuatir dan saling ‘tendang’ yang sering terjadi di negeri tercinta ini, selamat bang!GBU

  5. selamat , anda layak mendapat predikat polisi masa depan karena dgn keprofesionalisme anda , semoga pelaku hacker berfikir 2 kali untk iseng dlsbnya, namun tidak menutup kemungkinan hacker berfikir 7 kali untuk menciptkan yg lebih lagi spy tdk terlacak.
    Saya sangat tertarik dgn disertasi anda bisa kah saya mebdapatkan informasi atau untuk bahan tesis ????terima kasih perhatian atas kerjasamanya.

  6. Selamat Mr. Golose,

    Ini membuktikan bahwa Polisi seperti anda tidak hanya piawai didalam menjaga dan mengamankan stabilitas kejahatan kamtibmas di negara kita tetapi sudah saatnya munculnya polisi perwira2 muda yang cemerlang seperti anda yang mau dan mampu membekali dirinya dengan pengetahuan dan pendidikan program pasca sarjana yang tinggi hingga meraih titel Doktor.

    Bekal pendidikan dan pengetahun yang tinggi akan sangat berguna didalam menjalankan tugas sehari hari sebagai pelayan masyarakat untuk mampu memecahkan, menyelesaikan serta menyelami segala persoalan kamtibmas dengan arif dan bijaksana lebih khusus lagi dalam mentuntaskan persoalan2x Kebangsaan yg membutuhkan penyelesaian dengan konsep dan kerangka berpikir besar.

    Hal ini hanya bisa didapatkan dari polisi perwira muda seperti anda dan rekan rekan anda lainnya yang sudah atau sedang mengikuti program pasca sarjana Doktor yang sama, salut juga diberikan kepada Kapolri sekarang yang memberikan peluang kepada perwira2x muda yang berprestasi untuk mendapatkan kesempatan mengikuti pendidikan hingga pada akhirnya impian untuk menjadikan polisi Indonesia profesional dengan tugasnya masing2 akan terpenuhi di negara tercinta.

    Do the Best n Colonel makes things happen….Its happen…!!

    Regards,
    MM

  7. Saya bangga atas prestasi dan gelar yang komandan raih selama ini, saya selalu berdoa semoga komandan selalu sukses dan dalam lindungan Tuhan, amin…. salam dari semua mantan anak buah Polsek Lotim

  8. Selamat OM.PET .. Atas Mendapat Gelar DR.Semoga TUHAN YESUS memberikan kekuatan kesehatan dalam aktivitas pekerjaan setiapa hari bersama Keluarga.Imanuel.Putra Bunaken.

Comments are closed.