Panduan Menggunakan Mac OS X Leopard dan Trik-trik Lainnya

Ditulis pada 16 June 08

Buku ini merupakan buku panduan bagi pemula yang baru mengenal komputer Mac, khususnya dengan sistem operasi OS X Leopard yang memiliki lebih dari 300 fitur baru dibandingkan Mac OS X Tiger. Kecanggihan OS X Leopard ini makin meningkatkan jumlah pengguna komputer Mac di Indonesia.

Alasan berpindahnya para pengguna komputer berbasis sistem operasi Microsft Windows ke komputer berbasis sistem operasi Mac adalah karena kestabilannya. Mac OS X Leopard stabil karena berbasis UNIX. Selain itu juga aman, bebas virus, dapat diandalkan dan menggunakan Graphical User Interface (GUI) yang luar biasa.

Mac OS X memiliki dukungan Java yang baik untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan sambil menikmati berbagai kemudahan pilihan hiburan yang ditawarkan. Faktor lain yang menarik adalah tingkat serasi pasang yang baik antara Mac OS X dengan perangkat lain seperti Blackberry.

Macintosh sendiri adalah nama dari komputer yang diproduksi oleh Apple Inc. Tidak seperti perangkat lunak Microsoft Windows yang dijual bebas dan dapat diinstalasikan di hampir semua merek komputer, Mac OS hanya dapat diinstalasikan secara legal ke komputer Apple Macintosh. Bila Anda membeli sebuah komputer Apple sekarang, Anda secara otomatis akan mendapatkan Mac OS X Leopard beserta beberapa aplikasi bawaan, seperti iLife 08, dan lain-lain.

Mac OS adalah sistem operasi pertama di dunia yang berbasiskan kepada GUI. Pada era penciptaannya, Steve Jobs bahkan mengadu tim Apple Macintosh dan tim Apple Lisa. Dari Mac OS 9 ke Mac OS 10 (X) adalah sebuah revolusi bagi Apple dan industri komputer pada umumnya. Untuk pertama kalinya, lahir Mac OS yang berdasarkan UNIX. Pada saat itu, dan sampai sekarang, UNIX adalah OS yang sangat stabil yang dapat digunakan untuk Server.

Apple melangkah dengan cepat dan pasti, diawali dari Mac OS 10.0 (Cheetah, Maret 2001), Mac OS 10.1 (Puma, Oktober 2002), Mac OS 10.2 (Jaguar, Agustus 2002) dan Mac OS 10.3 (Panther, Oktober 2003) membantu Apple menciptakan brand-image OS yang stabil, mudah digunakan dan andal bagi penggunanya. Apple menyatakan Panther memiliki 150 fitur baru dibandingkan dengan Jaguar. Selang dua tahun (April 2005) Apple menyatakan Mac OS 10.4 (Tiger) memiliki 200 fitur baru dibandingkan dengan Panther. Apple menyetarakan Tiger dengan Windows Vista, dan Mac OS berikutnya 10.5 (Leopard) sebagai Windows Vista versi 2.yang diluncurkan pada bulan Oktober 2007.

Buku ini diawali dengan peringatan dasar agar kecerobohan Anda tidak melumpuhkan kecanggihan Mac OS X Leopard. Beberapa hal yang tidak boleh dilakukan diantaranya jangan mengubah nama Home Folder Anda, jangan sembarangan mengubah berbagai File inti Mac OS X Leoprard, dan jangan menghapus partisi Boot Camp Anda dengan Disk Utility. Anda juga harus selalu menggunakan password dan ubahlah password secara reguler dan lakukan install driver yang benar-benar untuk Mac OS X Leopard.

Setelah membahas cara melakukan instalasi Mac OS X Leopard, maka Anda akan diperkenalkan pada fitur-fitur yang ada pada Mac OS Leopard seperti Desktop, Finder dan Quick Look, lalu aplikasi-aplikasi yang tersedia seperti Address Book, Automator, Calculador, Dashboard, Dictionary, Expose, Font Book, Front Row, iCal, iChat, iTunes, Mail, Photo Booth, Preview, Quicktime Placer, Safari, Spaces, Spotlight, TextEdit, dan Time Machine.

Dibahas pula aneka utilities yang tersedia seperti Boot Camp, Digital Color Meter, Disk Utility, dan System Preferences. Yang menarik pada buku ini juga dimasukkan FAQ tentang Macintosh yang akan sangat membantu bagi pengguna awal.

Dengan mempelajari buku yang disusun oleh pelatih Mac yang cukup populer di Indonesia ini, Anda akan bisa memahami dan terampil menggunakan berbagai fitur yang tersedia di sistem operasi Mac OS X Leopard. Buku ini sangat tepat untuk dijadikan panduan bagi para pengguna komputer yang mulai beralih ke komputer Mac.

Judul       : Panduan Lengkap Menggunakan Mac OS X Leoprard untuk Pemula
Penulis    : Dirgayuza Setiawan
Penerbit : Media Kita
Tebal       : xii + 317 halaman

Tags: