Sony mengungkapkan bahwa kapasitas Blu-ray bisa ditingkatkan sampai 8 – 10 layer atau berkapasitas 200 – 250 Gb. Namun, layer yang banyak dapat memperlemah sinyal dari setiap layer perekam dan juga mempersulit penerimaan sinyal-sinyal yang jernih secara stabil pada disc multi-layer akibat adanya crosstalk dari layar-layar yang berdekatan dan juga kehilangan transmisi.

“Pengembangan disk ini meningkatkan kepercayaan diri Pioneer dalam hal pengembangan optical disk kapasitas raksasa. Di masa depan, produk semacam ini bakal makin penting keberadaannya,” demikian dikatakan juru bicara Pioneer seperti dikutip dari InformationWeek.

Berkat teknologi yang semakin canggih, kendala tersebut kini sudah dapat diatasi oleh Pioneer. Perusahaan elektronik asal Jepang ini kini tengah mengembangkan sebuah optical disc dengan kapasitas super besar, yakni 400 Gb. Jika jadi dilempar ke pasaran, maka optical disc buatan Pioneer tersebut memiliki kapasitas terbesar saat ini.

Pioneer memaparkan, dengan 16 lapisan yang masing-masing memuat data sebesar 25 Gb, maka sama dengan kapasitas satu sisi disk Blu ray. Disk Pioneer juga kompatibel dengan pemutar Blu ray yang tersedia di pasaran. Namun Pioneer tidak menyebutkan teknologi apa yang digunakan untuk disc barunya itu, apakah menerapkan teknologi laser biru atau merah.

Pioneer berencana merilis detail teknologi disk tersebut dalam kesempatan International Symposium on Optical Memory and Optical Data Storage yang berlangsung tanggal 13 Juli di Hawaii. Kapan diluncurkan ke pasar komersial, Pioneer belum bisa memastikannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.