Awas, Account Friendster Anda Terancam

Ditulis pada 15 July 08

Buku ini ditulis dengan semangat “Kita semua melakukan kesalahan. Mari kita belajar dari kesalahan yang telah kita maupun orang lain perbuat. Hal tersebutlah yang akan membantu kita melakukan hal yang lebih baik pada kesempatan berikutnya.”

Jaringan sosial merupakan sebuah layanan gratis yang paling banyak menarik perhatian pengguna internet. Jutaan pengguna internet mendaftarkan diri dalam layanan semacam ini dengan berbagai alasan, dimulai dari mencari teman, hingga kepentingan pribadi lainnya seperti penulisan diary online dengan menggunakan fitur blog yang diberikan oleh kebanyakan penyedia jasa layanan jaringan sosial ini.

Sebagai sebuah situs web dengan jaringan sosial yang paling diminati di Indonesia, Friendster diangkat menjadi topik utama yang akan dibahas dalam buku ini. Buku ini mengangkat topik pembahasan mengenai berbagai celah keamanan yang ada pada Friendster, tetapi ada kemungkinan teknik-teknik ini dapat berjalan pada situs web lainnya. Kumpulan pengguna internet yang masih belum sadar betul akan pentingnya keamanan informasi menjadi mangsa empuk bagi para hacker.

Pelaku Friendster Hacking tentu adalah pengguna Friendster juga, meski tidak menutup kemungkinan ada sebagian Friendster Hacking yang bukan pengguna Friendster. Buku ini diawali dengan cara bergabung dengan Friendster yang sangat mudah, lalu ditunjukkan puluhan fitur menarik bagi anggota Friendster dan juga dibahas celah keamanan dari masing-masing fitur.

Bab berikutnya mulai membahas tentang cara-cara atau teknik-teknik penyerangan ke Friendster. Kebanyakan para hacker yang melakukan penyerangan terhadap Friendster menggunakan alat bantu Flash, dan Script yang digunakan sebagai alat bantu penyerangan alternatif. Lalu juga dibahas cara pencurian cookie hingga pencurian password.

Penyerangan terhadap Friendster adalah sebuah tindakan atau cara yang digunakan untuk mengumpulkan informasi mengenai seseorang dengan menggunakan informasi tertulis yang ada pada halaman pribadi masing-masing. Penyerangan kemudian berkembang setelah diketemukan celah keamanan pada Friendster.com berupa pembacaan script pada file berekstensi “.swf” yang memungkinkan adanya penyisipan kode yang merugikan, seperti memaksa orang untuk melakukan pemindahan halaman website, dan melakukan penipuan untuk mencuri password atau informasi penting lainnya.

Tindakan penyerangan terhadap situs Friendster terusberkembang, diantaranya yang telah diketahui adalah menjadikan Friendster sebagai sarang worm yang menyerang Friendster, lalu merubah Friendster menjadi Wormster, penggunaaan AJAX Programming yang sangat menguntungkan bagi para hacker yang menyerang Friendster, blog digunakan sebagai sarana alternatif untuk pencurigan password, bahkan hingga menyerang sistem operasi Windows Anda.

Buku ini diakhiri dengan cara penanggulangan terhadap dampak penyerangan terhadap Friendster, khususnya yang sangat berbahaya yaitu pencurian password email, Paypal, eBay hingga account penting lainnya. Penanggulangan secara menyeluruh terhadap penyerang-penyerang Friendster paling bisa terjadi bila pihak Friendster lebih mementingkan keamanan sistem mereka. Cara lainnya adalah pihak Friendster harus melakukan pemeliharaan terhadap sistem mereka secara rutin. Cara penanggulangan dari sisi peserta atau anggota Friendster dapat dilakukan dengan cara menggunakan password yang berbeda untuk account-account yang dimiliki di internet. Gunakan password yang minimal terdiri dari 12 karakter, atau gunakan password dengan kombinasi angka dan huruf.

Buku ini sangat cocok bagi para peserta Friendster agar lebih berhati-hati supaya informasi yang ada jangan sampai dicuri oleh Friendster Hacker.

Judul : Hacker’s Biggest Secret Friendster Hacking
Penulis : Anselmus Ricky (ThOR)
Penerbit : PT Elex Media Komputindo
Tebal : xviii + 172 halaman

Tags: , , ,