Home Berita Aris Budiman, Anggota Polri Kembali Raih Doktor UI

Aris Budiman, Anggota Polri Kembali Raih Doktor UI

254

Sebagai salah satu institusi pemerintahan yang bertugas menjaga keamanan masyarakat, keberadaan polisi menjadi sangat penting untuk memelihara keteraturan sosial dalam masyarakat dan menegakkan hukum, mendeteksi kejahatan serta mencegah terjadinya kejahatan.

Pada tingkat manajemen, polisi melakukan aktifitas-aktifitas manajerial agar pemeliharaan keteraturan sosial dapat terlaksana secara efesien.

Sedangkan pada tingkat pelaksana tugas lapangan, polisi melakukan tindakan-tindakan yang bersifat pre-emptif yang merupakan aktifitas proaktif kepolisian yang melibatkan masyarakat dalam melakukan pencegahan kejahatan atau mencari pemecahan terhadap masalah-masalah sosial yang dapat mengganggu keteraturan sosial.

Masalah ini diangkat dalam disertasi Drs. Aris Budiman, Msi, anggota Polri/Ajun Komisaris Besar Polisi untuk memperoleh gelar Doktor Universitas Indonesia (UI) hari ini (19/7) di Balai Sidang UI Depok.

Disertasi yang berjudul ‘Fungsi Kepolisian Dalam Pemeliharaan Keteraturan Sosial di Wilayah Kepolisian Resort Kota Pangkalpinang’ telah membawa Aris sebagai Doktor UI ke 8 pada Program Studi Kajian Ilmu Kepolisian.

Sebelumnya, Kombes Petrus Reinhard Golose, Kepala Unit V IT & Cybercrime Bareskrim Polri (7/6) dan Kombes Rycko Amelza Dahniel, Kanit I Industri Perdagangan Bareskrim Polri (21/6) memperoleh gelar Doktor UI Program Studi Kajian Ilmu Kepolisian ke 6 dan ke 7.

Ditemui BISKOM setelah sidang terbuka untuk mempertahankan disesertasinya, Aris mengatakan, Polisi akan selalu berhadapan dengan bentuk-bentuk kejahatan aktual di tengah masyarakat. Karena itu Polisi tidak boleh menutup-mata atas kejahatan transnasional yang beraneka ragam bentuknya, seperti pelanggaran hak asasi manusia (HAM), pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) dan bahkan bentuk-bentuk kejahatan baru yang berhubungan dengan teknologi jaringan seperti cracker, carding, defacing dan lain sebagainya. “Konsekuensinya, Polisi Republik Indonesia (Polri) harus siap menyesuaikan diri dengan tuntutan masyarakat modern, dan selalu berada di posisi terdepan dalam pendidikan agar dapat melakukan penegakan supremasi hukum di negeri ini,” katanya. “Polri juga harus mampu menggunakan peralatan modern, manajemennya harus berorientasi pada target, serta mampu membentuk organisasi yang rapi dan personel yang kualitas.”

Aris Budiman adalah bapak dua anak kelahiran Pangkajene pada 25 Januari 1965. Pernah menjabat sebagai Kapolsek Kurik Polres Marauke, Irian Jaya (1989), Kapolsek Metro Tebet Polres Jakarta Selatan (1996) dan Unit I Sat Idik Impek Dit Serse Ek Korsase Polri (1999). Aris saat ini juga menjadi Asisten Dosen untuk mata Kuliah Hubungan Antar Sukubangsa pada Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisan (PTIK).

Dalam kesempatan tersebut Soegiharto Santoso selaku Pimpinan Umum Malajah Biskom mengucapkan Selamat kepada Dr. Aris Budiman, Msi, di tangan Anda lah Polri akan setingkat lebih maju dalam mengayomi dan melindungi masyarakat.

Artikel Terkait:
BNPT mendukung PBB memerangi ancaman penyebaran Violent Extremism
Luncurkan Buku, Petrus Golose Ungkap Aktivitas Teroris di Internet
PETRUS REINHARD GOLOSE: Bahaya! Teroris Kembali Intai Cyberspace
SIDNEY JONES: Blokir Situs Bukan Solusi Cegah Radikalisme
Polri, TNI dan Kejaksaan Bersinergi Tanggulangi Terorisme
Petrus Reinhard Golose: BNPT Upayakan Indonesia Bebas Dari Terorisme

APKOMINDO Optimis Teror Bom Tak Ganggu Bisnis TI
Komjen Anang Iskandar: “4 Juta Pecandu Tanggung Jawab Saya”
Penyegaran Tugas, Polri Rotasi Sejumlah Jabatan
Nanan Soekarna Dilantik Menjadi Wakapolri
Kapolda Jawa Timur, Anton Bachrul Alam: Optimalkan TI Untuk Layani Masyarakat
Petrus Golose Raih Gelar Doktor
Kombes Rycko Raih Doktor UI Ke 7
Aris Budiman, Anggota Polri Kembali Raih Doktor UI
Benny Jozua Mamoto, E-Terrorism Butuh Penanganan Khusus
Dengan TI Polri Janjikan Pelayanan Cepat
Polda Metro Optimalkan Layanan Website
Narkoba: Menggiurkan Tapi Mematikan
Sambodo Purnomo Yogo: Dengan TI, Polisi Tingkatkan Citra dan Kinerja
Fungsi Kepolisian Dalam Penegakan HKI
Bintara Polda Metro Jaya Raih Sertifikat Komputer Forensik
Hindari Bisnis Dari Permasalahan Hukum
29 Mobil Patroli Polisi Dipasangi GPS
Polri Siap Amankan Pemilu 2009
Ketika BIN Memantau JEJARING SOSIAL
UU HAKI Tekan Kerugian Negara
Badan Cyber Nasional Siap Amankan Informasi Cyber
AKBP Yakub Dedy Karyawan: Sistem Tilang Elektronik Siap Diberlakukan
KOMPOL ERWIN HARTA DINATA: TI Bantu Pelihara Keamanan Masyarakat
BISKOM – Polri Sosialisasikan Permasalahan Hukum TI
Kuatkan Energi Digital Indonesia, Pemerintah Siapkan Sejumlah Kebijakan