Saat ini kurang lebih 130 situs web di Indonesia telah melengkapi dirinya dengan jasa lelang online. Ada yang cukup maju, namun kebanyakan dari mereka mati suri dalam bisnisnya. Menariknya, dengan menaruh barang pada situs lelang online, kita tidak perlu memantau lewat email bila harga kita menang atau harga lelang kita dikalahkan. Dan hasilnya dapat diterima lewat SMS, seperti misalnya, yang dijanjikan oleh Lalulelang.com.

Seperti kita ketahui, Ebay.com, bisnis lelang online, adalah yang tertua di dunia. Maklum, mereka mengikuti bisnis lelang termasyur sejagad lebih kurang 8 tahun, dikomandani oleh seorang Presiden dan CEO wanita, Meg Whitman. Bayangkan saja dalam waktu yang sudah 11 tahun usia bisnisnya, si raja lelang online tersebut berhasil memecahkan rekor penghasilan luar biasa –sebanyak US$ 339 juta yang berasal dari US$ 1.4 miliar penjualan di kuartal ketiga di tahun 2007– dengan mengenakan biaya (fee) dari si penjual yang menaruh barangnya untuk dilelang dan ditambahkan dengan komisi dari transaksi yang diperoleh setelah barang dijual.

Prospek

Tidak heran kalau ACNielsen International Research mengatakan bahwa di Amerika Serikat saja ada lebih dari 724.000 orang yang menganggap eBay adalah sumber pendapatan pertama atau kedua. Semakin banyak orang yang menjual barang mereka lewat proses lelang dari waktu ke waktu. Itulah sebabnya tidak heran orang Indonesia pun tertarik untuk menggunakan situs lelang termasyur ini untuk menjual uang kertas tahun 1957 dengan nilai nominal Rp. 1 dan Rp. 100 dan juga uang kertas zaman Belanda di Indonesia tahun 1806.

Di China, walaupun terdapat kendala keamanan dalam transaksi dan sistem pembayaran yang kadang masih cara konvensional, namun patut dicermati bahwa nilai pasar lelang online di negeri yang dulunya Tirai Bambu di tahun 2003 saja mencapai angka menggiurkan sekitar 1.92 miliar Yuan menurut data dari Shanghai iResearch untuk tahun 2003. Di tahun 2007 terdapat lonjakan bisnis sekitar 75 persen. Pengguna situs lelang online itu pun meningkat. Mereka menyukai penggunaan situs web jasa lelang tersebut. Total barang yang diperdagangkan juga menjadi US$ 63 juta atau tumbuh 28 persen dibandingkan triwulan sebelumnya, demikian menurut Bo Shao, pendiri dan CEO eBay EachNet, situs lelang online terbesar China.
Walaupun belum semuanya proses lelang itu online, mereka masih mengkombinasikan proses pembayaran lewat wesel pos dan transfer bank, sedangkan pembayaran melalui kartu kredit masih dalam jumlah kecil. Hal lain yang juga krusial bagi bisnis lelang ini adalah, menurut Bo, kebijakan penjaminan untuk seluruh barang yang dilelang, sehingga ada kepastian barang sampai ke tangan pembeli segera setelah validasi pembayaran.

Lelang Online Dari Kategori A – Z

Masih dalam konteks lelang online, di sisi lain model ini dalam bentuk dan istilah yang lebih keren seperti e-procurement, sudah dilakukan oleh tidak sedikit perusahaan di Indonesia yang sudah mencoba menggunakan sistem lelang online untuk pengadaan barang dan jasa untuk para mitra bisnisnya seperti yang telah dilakukan oleh PT Hutama Karya. “Dengan menerapkan lelang model itu akan memberikan tingkat transparansi dan kebersihan lelang secara lebih memadai,” kata Sudarsono, salah satu petinggi PT. Hutama Karya yang penerapannya dibagi menjadi lima modul yang mencakup product need, vendor management, PQ management, dan tender management, serta administrasi. Selain itu berbagai proyek pun bisa dilelang, misalnya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya yang mengakui bahwa sistem lelang online ini menghemat biaya hingga lebih dari Rp 70 miliar dari total anggaran lebih dari Rp. 450an miliar lebih. Penghematan bukan?

Bisnis lelang online adalah memang salah satu cara untuk cepat menjual barang, itulah sebabnya salah satunya misalnya menjual barang hasil rampasan dari salah satu museum nasional Irak saat penyerbuan serangan AS dan sekutunya, benda tersebut adalah hasil rampasan sebuah tablet dari tanah liat yang sudah berusia lebih dari 4000 tahun peninggalan zaman Persia kuno. Barang tersebut dilelang lewat situs lelang eBay cabang Swiss yang akhirnya ditutup oleh Departemen Kebudayaan Swiss. Menariknya lagi, nomor rekening bank juga bisa dilelang.

Symantec, salah satu perusahaan security online melaporkan ramainya ada pelelangan online yang melelang rekening bank dan kartu kredit. Jadi hati-hati kalau kepada Anda ditawarkan lelang rekening bank atau kartu kredit. Mengapa? Karena sudah tidak asing lagi rekening hasil pencurian bisa dilelang. ‘Barang lelang’ lainnya yang juga laku di kalangan penjahat online termasuk bisa login ke ratusan email dengan peluang Anda dapat memiliki akses untuk melihat rincian rekening kartu kredit. Bahkan yang berbau agama pun bisa dijual, termasuk bangunan keagamaan, seperti yang terjadi dengan kasus dilelangnya sebuah gereja bersejarah di Skotlandia yang didirikan di abad pertengahan yang juga sudah termasuk makam sucinya. Gereja tersebut adalah ST. Michael di Covington, di Skotlandia dengan harga 75.000 Euro. Apa yang dikatakan oleh si pembelinya? “Saya berharap ini seperti jualbeli property biasa. Dan internet sangat berguna sebagai iklan.” demikian kata si pembeli, Wilson dan pasangannya Suzanne Keenan.


Tips Lelang Online Bagi Anda dan Pebisnis

Transaksi pelelangan yang dilakukan melalui internet ternyata juga menjadi tindak kejahatan yang paling banyak dilaporkan oleh masyarakat. Hal itu diungkap pihak Federal Bureau of Investigation (FBI) yang membawahi Internet Complaint Center (IC3), yang ditahun 2005 saja menerima sejumlah 231.493 keluhan. Ada beberapa tips jika Anda melakukan lelang online:

· Jangan membeli barang yang customer-feedback ratingnya kurang dari 98%. Lihat coba profil “about me” dan jangan ragu untuk bertanya ke si penjual.

· Pastikan kemampuan Anda membayar

· Gunakan program proteksi pembayaran baik kedua pihak penjual dan pembeli

· Minta bantuan, lihat juga forum online atau milis yang disediakan

· Selalu perbaharui informasi kontak tentang Anda

Jadi selamat mencoba dan menikmati manfaat dari lelang online!

Bob Julius Onggo Konsultan, praktisi, penulis dan narasumber Pemasaran Online. Bisa dihubungi via redaksi@biskom.web.id atau bob@bjoconsulting.com

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.