Penyelenggaraan IGOS Summit 2 pada bulan Mei lalu, yang ditandai dengan ditandatanganinya Kesepakatan Bersama IGOS Summit 2 Tahun 2008 oleh 18 Kementerian/Departemen, perlu ditindaklanjuti dengan berbagai kegiatan yang fokus pada upaya memperkuat semangat dan menambah pengetahuan masyarakat di bidang open source.

Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat di dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi baik dari sisi perangkat, infrastruktur hingga konten, serta mempromosikan penggunaan dan pemanfaatan Open Source Software (OSS) sebagai perangkat lunak legal yang mudah, Kementerian Negara Riset dan Teknologi dan Departemen
Komunikasi dan Informatika berinisiasi untuk memobilisasi komunitas open source di Indonesia untuk mencatatkan pada Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) melalui kegiatan MURI untuk Free Open Source Software (FOSS) Indonesia.

Kegiatan ini melibatkan komponen open source di Indonesia yang melibatkan instansi pemerintah, bisnis, akademis dan komunitas, yaitu Yayasan ODC (One Destination Center), Biskom, Jakarta City Center (JaCC), UFOAkses, BlogDetik, BlankOn, PT. Telekomunikasi Indonesia, PT. Sun Microsystems, ICTWatch, ICT Center, Yayasan Air Putih, Ubuntu Indonesia, InfoLinux, Yayasan Pengguna Linux Indonesia, Anote, Axioo, Byon, ION, Zyrex, XL dan stakeholder terkait lainnya.

MURI untuk FOSS Indonesia ini mencatatkan pada Museum Rekor Dunia Indonesia dalam 4 nominasi yaitu: (1) Instalasi OSS secara massal pertama di Indonesia; (2) Menjalankan Aplikasi OpenOffice secara massal pertama di Indonesia; (3) Hotspot dengan akses SSID terbanyak dalam satu waktu secara bersamaan; dan (4) Konten blog terbanyak dalam waktu 3 jam.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pameran Inovasi TIK Indonesia dalam rangka peringatan Kebangkitan Teknologi Nasional Tahun 2008. MURI untuk FOSS Indonesia diselenggarakan pada tanggal 2 Agustus 2008 jam 09.00 – 16.00 WIB bertempat di Jakarta City Center (JaCC) Lantai 2. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan penggunaan perangkat lunak legal sekaligus menumbuhkan kecintaan akan piranti lunak berbasis open source di masyarakat.

Acara ini diresmikan oleh Cahyana Ahmadjayadi, Dirjen Aptel Depkominfo dan di hadiri pula oleh para blogstar dari blog detik, seperti Lola Amaria, Nadine Chandrawinata, Sarah Azhari, Idea Fasha, Wanda Hamidah dan Seventeen Band.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.