Ilmu pengetahuan (iptek) adalah hak semua orang. Dengan menggabungkan antara seni dan budaya, Iptek lebih menarik sehingga disukai anak-anak dan remaja. Demikian intisari dari Perayaan Hari Teknologi Nasional Ke-13 bertajuk Pesta Iptek 2008 yang digelar Kementerian Negara Riset dan Teknologi dua hari terakhir ini (9-10/8).

Carunia M. Firdausy, Deputi Menteri Bidang Dinamika Masyarakat Ristek, selaku Ketua penyelenggara Hari Teknologi Nasional Ke-13 mengatakan, kegiatan Pesta Iptek 2008 dikemas dalam bentuk rangkaian kegiatan bermain sambil belajar yang merupakan kegiatan yang bersahabat untuk anak-anak dan remaja. Hal yang sama juga dikatakan Menteri Negara Riset dan Teknologi, Kusmayanto Kadiman yang membuka secara resmi Pesta Iptek 2008 di Kantor Kementerian Negara Riset dan Teknologi, Jl. MH. Thamrin – Jakarta Pusat. “Selama ini, anak-anak cenderung menganggap ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai sesuatu yang sulit dipahami, akibatnya hanya sedikit anak-anak yang berminat dalam bidang ini,” katanya.

Pesta Iptek yang kali ini bertemakan Kreativitas & Inovasi Anak dan Remaja mengagendakan berbagai kegiatan, diantaranya program science for all atau Iptek untuk semua. Pada sesi ini akan diketengahkan dialog tokoh iptek dengan anak dan remaja. Selain itu melalui program ini iptek akan diperkenalkan pada anak dan remaja, melalui Story Telling, Demo Science, Pameran, Comic Life, permainan dan aneka lomba.

Pesta Iptek 2008 juga mengusung citra iptek yang berwawasan lingkungan. Dalam program Iptek Go Green disampaikan berbagai isu-isu lingkungan hidup seperti global warming, hemat energi dan energi hijau yang dikaitkan dengan iptek melalui story telling, mind mapping, Super Brain Memory dan pemutaran film dokumenter.

Bagi para remaja yang mempunyai minat di bidang fotografi, dapat mengikuti workshop fotografi dengan tema Digital Creativity for Beginners. Sementara untuk menghibur semua pengunjung, Pesta Iptek 2008 menggelar festival musik yang menghadirkan band-band indie seperti LipGloss, Low Fingers, D’Sobat, Mr. X, Elex Yo Ben, dan lain lain. Tak lupa adalah bazar dan pameran multi produk turut meramaikan acara ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.