Bosan dengan permainan yang monoton, kini kebanyakan gamer Indonesia menginginkan suatu alternatif permainan (games) yang memiliki  nilai tambah atau manfaat lain. Hal tersebut dikatakan Yan  A. Harahap, Vice President Director PT Ceria Indonesia.  Karenanya, PT Ceria Indonesia yang terdiri dari beberapa orang dengan latar belakang pendidikan dan profesi yang berbeda-beda tersebut sepakat membuat games yang  sederhana tetapi ada hadiahnya, yakni Ceria Games.

Kalau ditanyakan kepada Yan kenapa membuat Ceria Games, maka ia akan menjawab karena di Indonesia belum ada games yang berhadiah. Karena permainan ini merupakan yang pertama, maka PT Ceria Indonesia menanamkan investasi yang tidak tanggung-tanggung yakni mencapai US$ 400 ribu. Jumlah itu terbagi atas beberapa hal seperti engine, storage, dan server. “Meski baru dua minggu di launching, peminat Ceria Games sudah mencapai  80 ribu hit,  dan member hampir 800 orang. Karena itu, kami optimis  pengguna Ceria Games akan mencapai 3000 orang per bulannya,” ungkap Yan.

Berikut petikan wawancara dengan  pria kelahiran Panyabungan-Mandailing 15 September 1968 kepada BISKOM.

Apa latar belakang dari  pembuatan Ceria Games?

Saya melihat bahwa games online sudah mewabah seiring dengan makin banyaknya provider internet. Harganya pun makin kompetitif, sehingga kami melihat ada opportunity yang sangat besar. Di sisi lain, ada keprihatinan yang ditandai dengan adanya time consuming yang sangat tinggi   di masyarakat, dimana orang bisa menghabiskan waktu berjam-jam di internet dan  menggunakan internet untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Mereka hanya mendapatkan kesenangan dan tidak ada nilai tambah atau manfaat lain. Karena itu, kami mencoba membuat games yang sederhana tetapi ada hadiahnya, yakni Ceria Games.

Bisa Anda jelaskan mengenai Ceria Games itu sendiri?

Games ini sebetulnya sangat familiar di Indonesia karena berbentuk puzzle yang membutuhkan daya pikir seperti melatih dan mengasah kemampuan.  Ceria Games ini bukan produk luar seperti dari Korea atau China,  tetapi produk lokal. Ceria ini pun akan meningkatkan sifat kompetitif untuk berprestasi kepada masyarakat khususnya generasi muda yang tentunya dibutuhkan untuk persiapan mereka menghadapi segala tantangan kehidupan yang ada. Nantinya Ceria Games adalah satu-satunya games online yang berhadiah dan pertama di Indonesia. Hadiahnya cukup besar yakni Rp  1 miliar. Kemudian jika ditanya kenapa Ceria? Karena cerdas dan  gembira.


Berapa investasi yang disediakan perusahaan untuk Ceria Games?

Kami bekerjasama dengan beberapa  sponsor seperti engine-nya dari Hewlett Packard (HP) dan lain sebagainya. Investasinya sekitar US$ 400 ribu.  Hadiah utama sebesar Rp 1 miliar  adalah hadiah yang disediakan oleh para sonsor Ceria Games yaitu Hewlett Packard, PS-Technology, dan Omba Indonesia. Dan nantinya tidak menutup kemungkinan akan adanya ponsor-sponsor lain yang akan memberikan dukungan kepada Ceria Games di waktu yang akan datang. Saat ini kami sedang membuat games yang menarik tetapi mendidik, hal ini dilakukan karena kami sangat concern dengan kemajuan games lokal di Indonesia, karena selama ini yang banyak adalah games buatan korea. Jadi, kedepan kami akan membuat yang namanya Ceria World.


Punya datakah,  berapa peminat Ceria Games saat ini?

Saat ini atau sejak dilaunching pada 11 Juni lalu, peminat Ceria Games mencapai  80 ribu hit  dan member hampir 800 orang  lebih.  Kalau di luar negeri saat ini belum ada, tetapi ada beberapa yang masuk ke website kami. Jadi, kami lebih fokus ke lokal dulu. Hadiah sebelumnya dalam bentuk beasiswa, namun akhirnya kami putuskan berupa uang cash.


Berapa target pengguna Ceria Games?

Kami berharap  jika ada sekitar 3000 orang pengguna per bulan, kami sudah bersyukur sekali. Saat ini, kami bekerjasama dengan yayasan akan menyumbang sekolah-sekolah yang  terkena gempa. Kami ingin memotiviasi anak didik untuk tetap semangat belajar dan pastinya kami akan kerepotan jika melakukanya sendiri, makanya kami bekerjasama dengan yayasan Indonesia Pintar. Kami akan meyumbang untuk tahap awal adalah motor pintar dan  jika partisipasi masyarakat terhadap Ceria Games tinggi, kami juga tidak menutup kemungkinan  akan menyumbang mobil pintar.

loading...

6 COMMENTS

  1. Sebuah langkah terobosan dalam dunia games yang luar biasa….!!!
    Dimana selama ini yang saya tahu games itu hanya for having fun & wasting time tapi ceria games menciptakan games yang dapat merangsang kreatifitas dan berhadiah pula……

    Bravo buat Bung Yan & team, ditunggu inovasi-inovasi berikutnya…….

    Pras

  2. Saya cukup salut dengan ceria games. Karena waktu saya masuk ke websitenya, ada fitur free voucher… Artinya kita diberi kesempatan untuk bertanding tanpa pakai duit. Dengan hanya ketrampilan dan peluang dapat duit jutaan rupiah setiap hari dan ratusan juta setiap bulan terbuka lebar!!! ini bakalan jadi alternatif bagi orang2 yang belum dapat kerjaan!!!!
    Bravo buat Ceria Games… Membuka lowongan kerja baru dengan cara baru!!!!
    Salut!!!!!

  3. Dulu awal taun 2000 an sudah ada game berhadiah di pusatgame.com, malahan permainannya lebih bervariasi dan lebih banyak…………….Kata siapa ceria game web game berhadiah pertama di Indonesia..???!!!!!

  4. Waadduuhh…. saya tau banget reputasi nya si Yan !!
    bisa-2 nanti bikin games ttng Sex lagi…. Khan Mr. Yan otak nya kotor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.