Setelah memperhatikan kebutuhan akan penyimpanan data yang mampu mengonsolidasi dan mengelola informasi menjadi mudah, hemat biaya dan energi, akhirnya EMC dengan inovasi terbarunya meluncurkan EMC CLARiiON CX4 yang merupakan seri terbaru dari sistem penyimpanan kelas menengah. Teknologi ini dirancang untuk mengoptimalkan fungsi VMware dan lingkungan server virtual lain, serta dapat menggabungkan teknologi drive, konektivitas, processing power, thin provisioning dan keamanan (security).

“CX4 merupakan storage yang cerdas, tidak hanya sebagai penyimpan data tetapi dengan fitur-fitur yang ada dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dalam mengolah data mereka,” ujar Ari Yunito, EMC Information Sistem, Indonesia, di Jakarta (20/8).

Ditambahkannya, walaupun teknologi ini untuk kelas skala menengah, namun dapat membantu mengangkat kehlian teknologi perusahaan untuk melindungi investasi teknologi mereka yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang hanya dapat ditemukan pada sistem-sistem kelas atas.

Seri CLARiiON CX4 terdiri dari empat model, yaitu CLARiiON CX4-120,  CLARiiON CX4-240, CLARiiON CX4-480, dan CLARiiON CX4-960. Dari seri tersebut menjelaskan jumlah dari fasilitas fitur disk drive yang digunakan. Selain itu penggunaan Fibre Channel dan iSCSI dapat memudahkan penggabungan jaringan koneksi serta mengoptimalkan bandwidth.

EMC, sebagai pemimpin solusi informasi infrastruktur, ingin menawarkan storage yang efisien dengan menggunakan teknologi yang hemat energi. Ini dapat terlihat dengan penggunaan flash drive, yang dapat menggantikan penggunaan 30 hard disk konvensional. Didukung solid state disks (SSDs) yang dapat meningkatkan kecepatan 30 kali lipat lebih cepat dibandingkan drive tradisional dan penggunaan energi 98 persen lebih efisien pada basis IOPs (Operasi Input/Output per detik).

Pada kesempatan yang sama, EMC juga mengumumkan pengangkatan Ivan Tjahjadi sebagai Country Manager untuk EMC Indonesia. “Melihat opportunity  yang sangat besar di Indonesia,  saya harap Ivan dapat memajukan perusahaan lebih cepat lagi,” ucap Jimmy Yan, General Manager Emerging Markets, South Asia.

“Dengan perkiraan pertumbuhan dua digit di pasar ICT Indonesia dalam lima tahun kedepan, akan memperkuat nilai infrastruktur informasi EMC bagi customer dan mitra di Indonesia. Saya berharap untuk mempercepat pertumbuhan EMC di Indonesia, dan membangun perusahaan ini diatas fondasi kuat yang sudah terbangun di Indonesia,” ujar Ivan Tjahjadi.

Selain itu, menurut Ivan, CX4 adalah sebuah solusi yang dapat memberikan kinerja sistem yang lebih baik, dan pada saat yang sama juga mampu mengurangi konsumsi energi dan biaya operasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.