Linksys, divisi dari Cisco, mengumumkan peluncuran router Wireless-G Broadband Router WRT54G2 yang merupakan penerus dari router Linksys WRT54G yang sudah dikenal secara luas sebelumnya. Router baru ini memiliki desain modern, seperti rangkaian Ultra RangePlus Wireless-N Router (WRT160N dan WRT310N) yang baru saja diluncurkan.

Router Wireless-G Broadband WRT54G2 hadir dengan desain ramping dan lekukan tanpa sudut, menyamai router Linksys by Cisco WRT160N dan WRT310N. Desain ini melengkapi segala bentuk pengaturan hiburan dalam rumah atau SOHO. Para pengguna kini dapat dengan leluasa memamerkan router baru mereka di ruang tamu, tepat di sebelah TV layar lebar dan perangkat Hi-Fi mereka. Tidak seperti sebelumnya saat mereka menyembunyikannya di dalam lemari maupun ruang kerja.

Penekanan pada segi desain ini bukan hanya menggambarkan perubahan bentuk, tapi juga merupakan evolusi aspek fungsional sebuah router. Desain baru ini menawarkan teknologi antena internal yang menanamkan antena ke badan router tanpa mengurangi kemampuan cakupan sinyal.

“Router Linksys WRT54G Wireless-G broadband merupakan ikon dalam jajaran produk jaringan rumahan. Kami mempertahankan kualitas tinggi tersebut sekaligus meningkatkan kemampuan produk dalam hal kinerja, kemudahan penggunaan, dan menambahkan dengan desain yang baru. Hasilnya adalah WRT54G2, dan kami percaya router ini akan meneruskan prestasi pendahulunya dalam jajaran produk jaringan rumahan,” tegas Craig Gledhill, Linksys Vice President, Asia Pasifik.
EasyLink Advisor (LELA) memberikan panduan instalasi berbasis video flash bagi para pengguna PC dan Mac.  LELA menggunakan terminologi yang disederhanakan, sehingga pengguna tidak dituntut untuk memiliki pengetahuan seputar jargon jejaringan. Hal ini membantu pengguna dalam membangun sebuah jaringan nirkabel dengan lebih mudah dari sebelumnya.

Dengan menggunakan fasilitas LELA, pengguna dapat melihat perangkat apa saja yang tersambung dalam jaringan melalui tampilan visual, sehingga memberikan kemudahan dan kecepatan dalam melihat kondisi jaringan. Pada saat mengkoneksikan suatu perangkat baru, LELA akan menambahkannya secara otomatis ke dalam peta jaringan dan memberikan notifikasi kepada pengguna.

Selain fasilitas LELA, WRT54G2 juga dilengkapi dengan dukungan terhadap Wi-Fi Protected Setup (WPS). WPS adalah pilihan program sertifikasi dari Wi-Fi Alliance yang dirancang untuk memudahkan proses setup serta mengamankan perangkat yang terdapat pada jaringan lokal nirkabel. WRT54G2 memiliki fitur berupa sebuah tombol yang  berguna untuk menambahkan perangkat lain ke dalam jaringan. Hanya dengan menekan tombol tersebut dan tombol pada perangkat lainnya, maka sambungan akan tercipta.

Router Linksys by Cisco WRT54G2 sudah tersedia di distributor, ritel komputer, dan value-added reseller dengan kisaran harga Rp. 510.000,-.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.