BAGI umat Muslim, bulan ini adalah bulan yang istimewa. Datangnya Ramadhan menjanjikan banyak keberkahan. Bukan cuma menahan haus dan lapar, bulan puasa menjadi momen yang tepat untuk melatih kesabaran, kepedulian sosial dan tentunya, yang paling ditunggu adalah saatnya lebaran untuk saling bersilahturahmi antar saudara dan kerabat.

Tak heran, puasa dan lebaran menjadi saat-saat yang paling ditunggu bagi para vendor dan operator untuk melakukan promo besar-besaran. Mulai dari Telkom, Telkomsel, Indosat, XL, Fren, Esia dan operator lainnya menggelar berbagai layanan untuk pelanggan, misalnya dengan membangun posko mudik, telepon murah selama bulan puasa, konten-konten Islami sampai peluncuran ponsel Islami berfitur terkini.

Berkaitan dengan teknologi informasi (TI), seperti tahun sebelumnya, pada awal Ramdhan tahun ini Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) telah menyiapkan perangkat TI untuk membantu pelaksanaan rukyatul hilal atau melihat bulan tsabit penentuan awal bulan Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah 1429 H. Menariknya, hasil rukyat akan bisa dilihat langsung oleh seluruh masyarakat, dengan mekanisme alat bantu teropong digital yang kemudian ditransferkan melalui website, dan bisa dipancarluaskan melalui televisi.

Melihat kiprah para operator dalam memanfaatkan momen puasa serta langkah pemerintah dalam memanfaatkan teknologi, bulan puasa bukan berarti kita puasa melakukan kreasi dan inovasi. Lapar dan dahaga justru harus menjadikan kita tetap semangat melakukan banyak aktifitas positif. Sebaliknya, bulan puasa dapat menjadikan kita berpuasa melakukan hal negatif, termasuk aktifitas kejahatan internet. Akhirnya, Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa….

2 COMMENTS

  1. @ Kang Nur: Blog akang bagus sekali, penuh ajaran-ajaran Islam yang penting. Terima kasih sudah berkunjung, kang… 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.