Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia kembali menggelar Competition Days Research Week (CDRW) 2008 di Fakultasnya. Bertemakan IT! Inovation Today, acara ini dilangsungkan dalam rangka peringatan Dies Natalis ke 15 bekerjasama dengan BEM Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Sebagai sarana pengembangan ide dan kreativitas mahasiswa, pelajar dan masyarakat pada umumnya dalam menghasilkan karya teknologi informasi (TI), acara ini menggelar pameran hasil riset yang dibuat oleh civitas akademika Fasilkom UI berupa software yang dikembangkan dari laboratorium riset UI, serta kompetisi web design dan problem solving untuk umum.

“Walaupun kompetisi ini terbuka untuk umum, namun kenyataannya peserta yang daftar ternyata kebanyakan dari pelajar SMA,” jelas Muhamad Ghofur, Ketua Pelaksana  CDRW 2008, di Jakarta (11/9).

Ini bisa terlihat dari 5 group yang masuk final dalam kompetisi web design terdiri dari pelajar SMA, yaitu SMAK 2 Petra Surabaya, SMAN 3 Jogya, SMAK 1 BPK Penabur Jakarta, SMA BPK Penabur Jakarta, SMA IPK 2 Internasional.

Sedangkan untuk software yang dikembangkan oleh mahasiswa Fasilkom UI antara lain Sistem Penghitung Pengunjung Menggunakan Teori Fuzzy, Prototipe Sistem Pengenalan Tingkah Laku Sederhana Manusia, Penambangan Citra Inderaja menggunakan Informasi Spasial dan Spektral, Alogic for Constraint Based Security Protocol Analysis, Simulasi Kebocoran Pipa Gas dengan Open Dynamic Engine (ODE) serta masih banyak lagi yang dipamerkan pada acara tersebut.

Yang menarik dari pameran tersebut bagi kalangan pelajar adalah Divisi Robotic Research Lab Computational Intelligence dan MIC UI yang berinisiatif mengembangkan suatu dokumentasi dan manual untuk membuat model robot sederhana menggunakan teknologi dan perangkat Lego Mindstorm NXT, Microsoft Robotics Studio 1.5 Refresh dan Microsoft Visual Programing Languge.

Selain itu, acara yang berlangsung sejak 8-13 September ini menggelar seminar-seminar yang menghadirkan pembicara dari pakar-pakar TI di Indonesia, sehingga diharapkan dapat merangsang dan meningkatkan kreativitas dalam menciptakan inovasi-inovasi di bidang TI.

loading...

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.