Home Berita Bersahabat Dengan Mendiang Lewat Tributes

Bersahabat Dengan Mendiang Lewat Tributes

79

Anda bergabung dengan Facebook? Friendster? Situs jaringan sosial saat ini memang menjadi tren. Dengan situs tersebut, anggotanya bisa saling bersilahturahmi satu sama lain, bahkan dengan kerabat yang sudah puluhan tahun tidak bertemu. Tapi bagaimana jika kita bersahabat dengan mereka yang telah meninggal? Hal ini lah yang ditawarkan Tributes.com.

Situs yang bakal aktif pada 23 September mendatang tersebut menawarkan berbagai fitur yang hampir mirip dengan Classmates.com. Menurut sang pencipta situs, Jeff Taylor, yang juga mempopulerkan Monster.com dan Eons.com, “Semua orang ingin dikenang dan para keluarga akan menghargai jika kenangan tentang mereka tetap diingat. Lagipula, merupakan hal yang menyenangkan online selama beberapa waktu setelah yang bersangkutan berpulang.”

Meski terdengar aneh, ternyata situs pertemanan Tributes.com bukan yang terbaru. Legacy.com, misalnya, sudah ada sejak 10 tahun lalu. Namun Tributes.com diperkirakan akan menjadi situs yang terkenal, mengingat Tributes.com memiliki  database Indeks Kematian Kantor Jaringan Sosial AS ditambah dengan informasi yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan rumah duka. Apalagi situs yang dibiayai oleh Eons.com, Dow Jones dan News Corp ini melibatkan banyak pihak serta bersifat mencari keuntungan dari penjualan iklan online, pendapatan bagi hasil dengan perusahaan rumah duka, penjualan buku dan bunga serta video tentang kedukaan dan kematian.

Penghasilan Tributes.com juga didapatkan dari setiap posting obituari. Untuk posting sepanjang 300 kata memang gratis, namun jika ingin lebih panjang dan mengandung multimedia, Tributes.com mengenakan iuran US$ 80 per tahun. Tributes.com juga menawarkan tempat tak terbatas untuk obituari seharga US$ 300, sementara komentar dan multimedia juga boleh ditambahkan per orang, tentunya dengan biaya tertentu.

Sebuah e-mail pemberitahuan akan dikirimkan kepada para anggota situs ketika seseorang meninggal,  berdasarkan nama keluarga, kesatuan militer, sekolah, atau bahkan kode pos. Situs itu juga berencana menambahkan fitur yang memungkinkan penggunanya meng-upload buku alamat mereka ke situs.