Cara Mengoptimalkan Penggunaan PC

Ditulis pada 24 September 08

Personal Computer (PC) hampir dimiliki oleh setiap orang, khususnya di kota-kota besar di dunia ini. Penguasaan PC sangat penting, namun banyak pengguna komputer yang belum memahami dan menguasai teknik-teknik perawatan dan pengoptimalan performa PC.

Buku ini hadir membahas berbagai teknik menarik yang dapat dilakukan oleh PC, baik secara perangkat keras maupun perangkat lunak. Masalah yang dibahas cukup lengkap, mulai dari cara meningkatkan performa PC hingga cara menghindari masalah dari PC, dari teknik utak-atik BIOS, overclocking, tweaking hingga pemilihan komponen.

Buku ini disusun sebagai panduan praktis bagi Anda yang berminat mengoptimalkan PC Anda, mulai dari optimasi BIOS, optimasi prosesor, optimasi memory, optimasi harddisk, optimasi video card, optimasi proses booting, optimasi keamanan komputer dan lain sebagainya.

Optimasi BIOS membahas tentang cara memproteksi BIOS, cara memperbaiki BIOS yang tidak mau booting, cara me-reset password BIOS, cara membuat komputer booting lebih cepat, booting dengan tampilan grafik, cara mengatur urutan booting, cara mengatur jam dan tanggal BIOS, serta cara meng-update BIOS.

Untuk mengoptimasi prosesor ada beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti menambah kapasitas power supply, mengetahui jenis kecepatan prosesor, melakukan proses overclocking, menjaga agar suhu prosesor tetap dingin, mengatur tegangan dan kecepatan prosesor.

Selain prosesor, untuk mengoptimalkan kinerja PC, perlu melakukan optimasi memory, diantaranya dengan menambah kapasitas memory, mengetahui batasan RAM yang diperlukan (berdasarkan BIOS, spot maupun sistem operasi), cara menambahkan virtual memory, mengatur Windows System Resource, serta mempercepat RAM (dari BIOS, Windows XP maupun dari Windows Vista)
Untuk mengoptimasi harddisk, dapat dilakukan pengaturan partisi harddisk, cara memformat harddisk yang tepat, cara membuat partisi baru di Windows, membuat partisi baru dengan Partition Magic, mengkonversi partisi, mengembalikan Master Boot Record, mengatur GRUB /LILO di Linux, mengubah urutan drive harddisk, memilih harddisk yang optimal, meningkatkan kecepatan harddisk dan cara meng-cloning harddisk.

Untuk mengoptimasi video card, Anda harus mengenal komponen VGA Card yang diperlukan, menentukan slot optimal, mengupgrade VGA on-board dan overclocking.

Sedangkan untuk mengoptimasi proses booting dapat dilakukan dengan cara membuat disket booting, mengatur booting di Windows, dan mengatur booting dengan perangkat lunak lain. Sedangkan untuk mengoptimasi keamanan komputer, Anda dapat menggunakan firewall, Anti Virus, melakukan backup, atau membuat data recovery.

Dengan mempelajari buku ini, Anda bisa menguasai berbagai teknik sehingga mampu mengoptimalkan penggunaan PC Anda.

Judul : Optimasi PC, Langkah Praktis Meningkatkan Kinerja Komputer
Penulis : Ali Zaki dan SmitDev Community
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tebal : ix + 176 halaman
Harga : Rp. 28.800,-

Tags: