Penyimpan data eksternal dengan berbagai kapasitas dan merek kini semakin bervariasi, apalagi setelah Seagate meluncurkan seri baru Musim Semi 2008 dari eksternal hard drive FreeAgent yang diluncurkan pertama kali pada tahun lalu.  Seagate FreeAgent diperuntukkan bagi desktop dan notebook, baik yang bersistem operasi Mac maupun dan Windows sebagai solusi penyimpanan, dan berbagi,  sekaligus melindungi konten digital berharga seperti foto, video dan musik dengan sangat mudah.

Seagate menawarkan solusi penyimpanan data portable FreeAgent Go, yang merupakan eksternal drive paling tipis yang pernah ada. Dengan ketebalan hanya 12,5 mm, FreeAgent Go sangat mudah dimasukkan ke dalam saku dan memiliki perlindungan atas goncangan dan goyangan yang pengguna dapat temukan hanya di teknologi Seagate. FreeAgent Go juga menjadi eksternal hard drive pertama yang menawarkan pilihan docking, memberikan kemudahan cara memindahkan file dari komputer ke hard drive, tanpa masalah kabel yang kadang mengganggu dan proses melacak port USB yang kerap merepotkan. Dengan kapasitas hingga 500 Gb, FreeAgent Go menjembatani kesenjangan antara solusi standar portable dan solusi desktop dengan tingkat kapasitas yang memadai untuk menyimpan semua file film, gambar dan musik.

“Dengan semakin banyaknya konten digital yang diciptakan dan dikonsumsi dewasa ini, sebuah rumah tangga yang menggunakan broadband akan membutuhkan hingga 1 terabyte penyimpanan data untuk keperluan koleksi media mereka di komputer, peralatan portable, dan DVR,” jelas Jane Shields, analis riset dari Parks Associates. “Dengan gabungan kapasitas tinggi, kehandalan dan kemudahan penggunaan solusi dari Seagate yang hadir dengan desain manarik, perusahaan ini telah banyak membantu lebih banyak pengguna dalam menikmati keuntungan yang bisa didapat dari menyimpan dan berbagi koleksi media digital mereka.”

Di kesempatan yang sama, Wolfgang Schlichting, direktur riset untuk Removable Storage dari IDC mengatakan, “Perkembangan pasar eksternal harddrive berukuran 2,5-inch telah tumbuh dengan pesat, hampir dua kali lipat pada kuartal kedua 2008 dibanding kuartal kedua 2007. Pertumbuhan ini lebih tinggi dari pertumbuhan keseluruhan pasar dan didorong oleh kenyamanan ukuran dan konektivitas dari produk, disamping kapasitasnya yang besar dan harganya yang semakin terjangkau.”

Selain FreeAgent Go, Seagate juga memperkenalkan seri drive FreeAgent Desk dan FreeAgent XTreme yang merupakan penyimpanan data desktop 3,5 inch berkapasitas tinggi, dan memberikan kapasitas hingga 1,5 Tb. Desainnya yang indah dan modern memberikan fleksibilitas untuk dapat berdiri secara horisontal atau vertikal guna memaksimalkan ruangan yang tersedia. Drive FreeAgent Desk adalah drive dengan sentuhan aluminum berkapasitas tinggi dengan antarmuka sebuah USB 2.0. Drive FreeAgent XTreme adalah drive berwarna hitam dengan sentuhan aluminum berkapasitas tinggi dengan antarmuka triple yaitu eSATA, USB 2.0 dan FireWire 400.

Seagate FreeAgent Go untuk Mac tersedia bulan lalu dengan harga Rp. 2.400.000,- untuk 250 Gb dan Rp. 2.644.000,- untuk 320Gb. Sementara FreeAgent Desk untuk Mac akan segera tersedia pada Oktober 2008 dengan harga retail Rp. 1.920.000,- untuk 500 Gb, Rp. 3.200.000,- untuk 1 Tb dan Rp. 3.750.000,- untuk 1.5 Tb. Sedangkan FreeAgent XTreme yang akan segera tersedia di seluruh dunia ditawarkan dengan harga retail Rp. 2.900.000,- untuk 1 Tb dan Rp. 3.400.000,- untuk kapasitas1.5 Tb.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.