CAM’s Award 2008 kembali menghadirkan karya terbaik anak bangsa. Sebagai penyelenggara, kali ini PT.  Citra Andra Media (CAM’s) melombakan karya animasi dan komik yang bertujuan untuk memacu para kreator dengan misi menghasilkan produk yang berkualitas sekaligus mengangkat cita-cita pembentukkan karakter bangsa.

Berbarengan dengan Hari Sumpah Pemuda sekaligus hari Animasi Internasional, ajang tahunan CAM’s Award ke dua berhasil mengumpulkan sejumlah 78 karya animasi dan 59 karya komik yang terbagi atas dua kategori, yaitu pelajar/mahasiswa dan umum dalam bentuk iklan layanan masyarakat dengan topik budaya anti korupsi, budaya sadar lingkungan dan budaya menghargai orang lain/santun.

“CAM’s Award dipersembahkan untuk para orangtua agar hidupnya tenang, melihat bahwa generasi muda telah berhasil menghasilkan karya inovatif yang dapat membangun karakter bangsa ini,” ujar Peni Cameron, President Director, PT.  Citra Andra Media, saat pembukaan CAM’s di Blitz Megaplex, Jakarta (28/10).

Dari hasil penjuarian yang sebelumnya melakukan tahap penyisihan lalu final untuk menghasilkan pemenang, didapatkan 5 karya terbaik animasi dan komik dari kategori pelajar/mahasiswa maupun umum. Karya peserta ini dinilai oleh dewan juri yang profesional, konseptor dan pengamat di bidangnya, meliputi aspek teknik produksi 25%, konsep film 25%, dan dampak film 50%.

Untuk komik kategori pelajar/mahasiswa dimenangkan oleh Novian Nur Elia dari Trisakti berjudul Barang Siapa Menanam Dia Pula yang Menuai, berhasil mengalahkan 4 nominator lainnya, yaitu Erik Maradona dari ITS Surabaya, Hendri Sconovianus dari Universitas Indonusa Esa Unggul, Chintami Ricci dari Universitas Tarumanegara dan Moh. Rais Abidin dari UNESA Surabaya.

Kategori Umum dimenangkan Norma Aisyah dari Bandung berjudul Pohon Kecilku, juga berhasil mengalahkan 4 nominator lainnya, yaitu Adriyan Julung Wangi dari Solo, V. Ipung Kristianto dari Magelang, Boni Setiawan dari Bandung dan Daud Budi dari Bandung.

Sedangkan untuk Animasi kategori pelajar/mahasiswa dimenangkan Danar Tri Yudistira dari STIMMIND Malang berjudul Kambing Mabok, berhasil mengalahkan nominator yang ternyata masih satu kampus yaitu Sanggra Erwianto dan Kurniawan Asri serta Syibro Malisi Ali dari SMKN 2 Jepara dan Hendra Febri dari SMKN 4 Malang.

Animasi kategori umum dimenangkan oleh Roby Sulistyo dari Surabaya berjudul Botol, mengalahkan nominator lainnya, yaitu Demi Desmana dari Tasikmalaya, Dicky Suprayogi dari Malang, Faseh Kulisan dari Bandung dan Johanes Chendra dari Sidoarjo.

Para pemenang, selain mendapatkan piala, uang, notebook atau ponsel, juga akan mengikuti Siggraph Asia 2008 di Singapore serta mengunjungi Studio Framework di Batam.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.