Kaspersky Lab, pengembang nomor satu dalam bidang solusi manajemen keamanan, menyarankan agar pengguna komputer menginstal update sistem operasi Windows MS08-067 http://www.microsoft.com/technet/security/Bulletin/MS08-067.mspx . Celah yang ditambal oleh update ini merupakan celah keamanan yang bisa menimbulkan ancaman serius bagi banyak pengguna PC. Microsoft melepas update penting ini untuk Windows 2000, XP, Vista, Server 2003, dan 2008. Update ini sangat penting bagi pengguna Windows 2000, XP, dan Server 2003.

Bisa jadi ini adalah patch yang sangat penting pertama yang diluncurkan sejak tahun 2007. Kali ini patch dikeluarkan untuk mencegah penyebaran berbagai worm lewat celah keamanan yang telah berhasil dideteksi. Worm diprediksi akan banyak menyerang dalam beberapa hari ke depan. Patch yang dilepas ini juga akan menutup kemungkinan adanya hacker yang menyusup lewat celah keamanan tersebut. Menurut Kaspersky Lab, celah keamanan kali ini mirip dengan celah keamanan yang terdeteksi pada Windows pada tahun 2003—2004 yang menyebabkan penyebaran beberapa worm, seperti LoveSan, Sasser, dan Rbot secara luas.

Sejak 24 Oktober lalu sebuah Trojan yang menggunakan celah keamanan telah terdeteksi, yakni Spy.Win32.Gimmiv.a. Trojan ini merupakan spyware yang dibuat untuk mencuri password pengguna PC. Para ahli keamanan di Kaspersky sudah melakukan analisis terhadap Trojan yang sepertinya dikembangkan di China itu. Dengan instalasi patch MS08-067, Trojan tersebut tidak akan bisa mengontrol PC secara penuh. Kaspersky Lab menganjurkan agar semua pengguna Windows menginstal MS08-067 secepat mungkin. Kaspersky juga mengingatkan bahwa update dan penggunaan solusi keamanan merupakan cara yang tepat untuk mendapatkan perlindungan dari malware dan hacker.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.