Pesaing Wikipedia, Knol, kini tampil dalam beberapa bahasa. Selain Inggris, situs yang menawarkan para pengguna untuk saling berbagi pengetahuan ini juga tersedia dalam dalam bahasa Perancis, Italia dan Jerman.

Udi Manber, Vice President Engineering Google, seperti dikutip melalui AFP hari ini (31/10) mengatakan, tujuan dari penggunaan bahasa Prancis, Italia dan Jerman ini adalah untuk memicu para pengguna internet agar membuat atau melengkapi artikel yang mereka miliki sehingga mampu memperkaya Knol. “Dengan demikian kami yakin bahwa Knol mampu menarik banyak pengguna internet untuk lebih sering mengunjungi Knol,” katanya.

Sejak diluncurkan Desember tahun lalu, Knol memang telah menampung ide dan ilmu pengetahuan dari jutaan orang yang ingin melakukan sharing dengan orang lain.

Meski kerap disamakan dengan Wikipedia, namun Knol lebih banyak memberikan kebebasan kepada penulis dan bahkan mendorong pengguna untuk membuat topik-topik baru. Google juga menyediakan AdSense pada situs ini untuk memberikan insentif kepada penulis artikel, tidak seperti Wikipedia yang menghindari segala bentuk periklanan.

Di Knol, kendali terhadap artikel dipegang sepenuhnya oleh si penulis artikel. Dia yang dapat memilih untuk menerima perubahan dari pengguna lain atau mengunci artikelnya dari perubahan. Jika suatu artikel dikunci maka pengguna lain hanya bisa memberikan komentar atau memulai sebuah knol baru dan bersaing dengannya untuk memperebutkan posisi di wiki spotlight Google.

loading...