Entah berapa banyak penghargaan yang sudah dan akan didapatkan PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) sepanjang tahun 2008 ini. Yang terbaru, operator tersebut meraih penghargaan 2008 Frost & Sullivan Indonesia Telecoms Awards  untuk dua kategori, yaitu Mobile Service Provider of the Year dan Market Challenger of the Year. Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi, menerima penghargaan tersebut di Jakarta, kemarin (4/11).

Penyelenggara event ini adalah Frost & Sullivan, sebuah serikat konsultan yang mempunyai perhatian khusus pada bidang telekomunikasi. Menurut dewan juri, XL pantas mendapatkan penghargaan kategori Mobile Service of the Year karena memiliki kinerja finansial dan operasional yang sangat bagus sepanjang 2007/2008, dimana secara jelas menunjukkan pertumbuhan yang positif hingga Juni 2008. XL menunjukkan peningkatan pertumbuhan jumlah pendapatan 59% sedangkan pertumbuhan EBITDA adalah 68% per Juni 2008 dibandingkan dengan tahun lalu untuk periode yang sama. Sementara itu jumlah pelanggan meningkat menjadi 22,9 juta pelanggan per Juni 2008 dari sebelumnya 10,2 juta per Juni 2007.

Selain itu, sebagai hasil dari penerapan strategi tarif murah, pemakaian layanan XL pun meningkat sehingga Total Outgoing Minutes of Usage naik secara signifikan, yaitu lebih dari 10 kali lipat antara Juni 2007 (1,7 milyar menit) – Juni 2008 (19,3 milyar menit).

Sementara itu, penghargaan Market Challenger of the Year diberikan kepada XL atas pertimbangan agresifitas XL dalam menerapkan strategi tarif, yang menjadikannya sebagai market challenger di tengah persaingan sengit para operator selular Indonesia. Apa yang dilakukan XL kemudian diikuti oleh pasar, bukan hanya dalam menurunkan tarif voice dan SMS, tetapi juga pada penerapan strategi inovatifnya.

Menurut Anda, para pelanggan, bagaimana kualitas jaringan XL?

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.