Bandung – Dalam kondisi krisis, bukan berarti industri IT lantas berdiam diri. Memberikan perhatian lebih besar untuk edukasi akan menjadi investasi yang pada akhirnya menguntungkan dunia industri.

Dari apa yang terlihat di Bandung Comtech 2008 yang digelar di BeMall 12-16 November 2008, kesulitan ekonomi ternyata tidak mencegah digelarnya pameran produk-produk IT. Berbagai kalangan di antaranya akademisi seperti kampus, bisnis dan pemerintah, tetap berusaha melakukan sesuatu.

Beberapa komunitas juga terlibat seperti ROCI yang menggelar demo dan pelatihan Membuat Robot Itu Mudah, serta seminar open source untuk pendidikan oleh IGOS Center Bandung. Selain itu ada workshop membedah rahasia E-Commerce.

Dijelaskan Andi Tanudiredja, coordinator event Bandung Comtech 2008, kombinasi ragam pihak dan komunitas di atas diharapkan dapat menjembatani kepentingan mereka terkait dengan dunia IT. “Jika target komersil sulit dicapai dalam kondisi krisis, faktor pendidikan menjadi target yang sangat strategis dan memang dibutuhkan,” ujarnya di BeMall, Rabu (12/11/2008).

“Hasilnya mungkin tidak terlihat saat ini, tetapi jika masyarakat semakin terdidik tentang teknologi maka nantinya juga mereka akan butuh produk-produk teknologi. Misalnya dulu tidak tahu internet, setelah tahu mereka akan mencari ISP agar bisa menggunakan internet,” lanjut Andi.

Setelah tahun lalu dikunjungi 7.000 sampai 8.000 orang per hari selama lima hari, Bandung Comtech kali ini juga diharapkan sama. “Jika ada kenaikan pengunjung, ini akan menjadi indikator besarnya ketertarikan masyarakat Kota Bandung terhadap IT,” tegasnya.

Oleh Dwiyanti NandangdetikBandung

*)Penulis merupakan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Semester 7. Tulisan ini dibuat dalam kegiatan Sehari Menjadi Wartawan Detikcom di BeMall, 12-16 November 2008 kerjasama antara BISKOM dan detikBandung.com dalam acara Pameran Bandung Comtech 2008

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.