Di tengah perhelatan Bandung Comtech 2008, IGOS Center Bandung merayakan ulang tahun pertamanya tepat tanggal 14 Nopember tahun ini. Perayaan yang disimbolkan dengan pemotongan tumpeng oleh Eko Mursito Budi, pimpinan IGOS Center Bandung, dihadiri juga oleh guru-guru TIK Kota Bandung yang tergabung dalam Asosiasi Guru Mata Pelajaran TIK Kota Bandung.

Kehadiran guru-guru TIK dari berbagai tingkatan jenjang pendidikan di Kota Bandung ini memang bukan tanpa sebab. Sebelumnya, IGOS Center Bandung bekerjasama dengan BISKOM menyelenggarakan diskusi bertema Teknologi Informasi Berbasis Open Source untuk pendidikan. Kegiatan yang diisi dengan presentasi mengenai perangkat lunak Open Source untuk pendidikan ini, diisi juga dengan demo dan presentasi Crayonpedia, sebuah situs yang menyediakan materi ajar dengan konten bebas akses dan gratis bagi siapa saja.

Tidak hanya itu saja. Dalam talkshow ini juga, Eko menawarkan sekolah-sekolah di Bandung untuk dijadikan sekolah dengan teknologi informasi berbasis open source. Tentu saja, tawaran ini ditanggapi dengan cukup antusias. Bagaimana pun juga, pemanfaatan teknologi informasi berbasis Open Source mulai menjadi impian banyak guru TIK lantaran nilai filosofi dan keunggulannya yang lebih pro dunia pendidikan. Meskipun begitu, beberapa guru justru menanggapinya dengan skeptis lantaran masih terbentur dengan kebijakan dunia pendidikan di Indonesia saat ini. Namun, besar harapan guru-guru TIK agar perangkat lunak Open Source dapat diterima di masyarakat pendidikan Indonesia.

IGOS Center Bandung diresmikan pertama kali di Bandung pada tanggal 14 Nopember 2007 lalu bertepatan dengan pameran Bandung Comtech 2007. IGOS Center yang berlokasi di Lantai UG, Computer Square Be Mall, Bandung, diresmikan oleh Kemal Prihatman dari Kementerian Riset dan Teknologi. Pada saat itu juga, dilakukan teleconference Bandung – Jakarta antara Kemal Prihatman dan Cahyana Ahmadjayadi, Dirjen Aptel Departemen Komunikasi dan Informatika. [Yudha]

2 COMMENTS

  1. Membaca berita IGOS ulang tahun saya dari ICT-Training Center Dinas Pendidikan Kota Bandung mengucapkan selamat semoga IGOS lebih berkembang kedepan.
    Saya menanggapi tentang penawaran IGOS untuk bekerja sama menawarkan sekolah-sekolah di Bandung dijadikan sekolah dengan teknologi informasi berbasis open source sangat baik sekali termasuk ICT Training Center yang mendapatkan tawaran, akan tetapi pada saat menawarkan kerjasama denga ICT Training Center Kota Bandung kenyataannya Nol Besar, kenapa demikian, karena sampai saat ini pihak ICT Training Center tidak lagi dihubungi kembali bagaimana nasib tawaran kerjasama tadi.
    Jadi kesimpulannya, apakah benar tawaran di atas untuk sekolah-sekolah tidak lagi janji kosong…….?
    ICT Training Center adalah wadah pelatihan IT bagi guru-guru se Kota Bandung, Jawa Barat, Kalimanatan malah sampai ke NTT.

    Demi meningkatkan SDM tenaga Pendidik dan Kependidikan dalam penguasaan IT mari kita bekerjasama dengan baik dan saling mendukung sehingga sasaran peningakatn mutu pendidik dalam penguasaan IT benar-benar dikerjakan bersama dengan penuh rasa tanggung jawab.

    Terima kasih,

    ICT Training Center
    Dinas Pendidikan Kota bandung
    SMK Negeri 4 Bandung
    Penanggung Jawab
    uryono. A

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.