Pemanfaatan  aplikasi Electronic Logistic (e-Logistik) yang baik akan mampu  membuat Industri logistik makin efisien, sehingga perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman akan mampu memberikan layanan yang baik kepada pelanggannya. Tak hanya itu, program E-Logistik juga  akan mampu menolong perusahaan jasa pengiriman dalam memberikan kepastian terhadap jasa pengiriman barang.

Dengan teknologi informasi yang menyertainya, layanan e-Logistik dipastikan akan mampu memberikan jaminan kepastian yang lebih baik kepada pelanggan. Karena itu, layanan e-Logistik  sangat  berguna untuk memberikan service level yang excellent buat pelanggan. Hal itu dikatakan Direktur TI Telkom, Indra Utoyo, sesuai melakukan sosialisasi e-Logistik kepada 190 member Asosiasi Perusahaan Indonesia (Asperindo) di Jakarta, baru-baru ini.

Tujuan dari sistem ini adalah memberikan solusi untuk menumbuhkan industri logistik, mengingat logistik menjadi salah satu struktur penting dari kegiatan ekonomi. Menurutnya, Telkom mengupayakan service ini dapat berjalan dengan baik dan akan terus ditingkatkan pelayanannya untuk tetap dapat dipercaya oleh konsumen. Dalam hal ini Telkom tidak mengajak perusahaan lain untuk ambil bagian dalam hal investasi, sebab Telkom  sudah  menyediakan solusi yang fleksibel. Namun untuk targetnya Indra tidak menjelaskan gambaran jelasnya.

Lebih jauh Indra menambahkan, e-Logistik tidak hanya bicara tentang pergudangan tapi juga pelayanan terintegrasi oleh sistem. Mulai dari pergudangan atau istilahnya track and trace shipment hingga ke pengiriman ke tangan konsumen yang lebih efektif. Layanan ini  merupakan layanan outsourcing end to end yang dimulai dari menyediakan infrastruktur, data centre, aplikasi, perangkat, operasi bisnis (business operation) dan terakhir disaster recovery system, semua itu berbasis real time untuk semua transaksi pembayaran dan penagihan.

“Pemanfaatan TI e-Logistik dapat di pakai oleh perusahaan-perusahaan yang menggunakan sistem logistik, sehingga logistik menjadi lebih maju dan efisien bagi perusahaan tersebut” paparnya. Selain itu sistem ini juga dapat mengontrol masalah tracking pengiriman barang sehingga suatu perusahaan dapat memberikan jaminan terhadap barang transaksi.

Produk e-Logistic  terdiri atas Barcode, Electronic Data Interchange (EDI), image processing, satellite tracking, dan Radio Frequency Identification (RFID). Kesemua fitur ini akan membantu sistem informasi pada perusahaan jasa pengiriman. Di sisi lain, dengan pemakaian layanan ini perusahaan jasa pengiriman
bisa fokus pada bisnis intinya, karena tidak perlu lagi melakukan investasi di bidang IT.

Perusahaan tinggal menikmati layanan e-Logistic Telkom saja. Untuk pemakaian E-Logistic  didasarkan atas bandwidth, atau kapasitas data yang digunakan oleh pelanggan atau perusahaan jasa pengiriman. “Untuk data yang kita tentukan, maksimal sampai 2 Mb, bila melewati 2 Mb maka customer dikenai biaya tambahan. Cara ini sangat efisien karena dengan variasi model bisnis yang fleksibel, kami menyesuikan diri terhadap kemampuan pelanggan,” kata dia.

“e-Logistic akan membantu melakukan perencanaan, kontrol dalam pengerjaan pengiriman, serta laporan hasil. Kesemuanya itu dapat dilakukan e-Logistic dengan tepat, cepat dan akurat. Kegunaan Barcode
adalah untuk identifikasi barang dengan menggunakan garis dan spasi. Sedangkan EDI, berguna sebagai layanan pertukaran data bisnis melalui komputer yang bertujuan untuk mengurangi duplikasi dokumen dan
meningkatkan kecepatan serta akurasi informasi,” tutur Indra.

Indra menambahkan untuk image processing, bertujuan untuk mengenali obyek tertentu dengan pencitraan gambar maupun video. Kemudian, satellite tracking dan RFID berguna sebagai pemantau rute jalan yang akan ditempuh dalam melaksanakan pengiriman barang, seperti Global Positioning System (GPS). Karena itu, pemanfaatan TI jaringan e-Logistic ini bisa diadopsi oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman logistik.
Masalah transportasi pengiriman, dan aktivitas di gudang juga dapat dikontrol menggunakan e-Logistic. Begitu juga untuk pelayanan kepada konsumen, dapat dilakukan secara aman dan lancar.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.