lgTerik matahari tak selalu membawa efek negarif seperti pemanasan bumi, misalnya. Sebab baru-baru ini LG mengumumkan akan memamerkan layar terbarunya yang diklaim mampu menurunkan konsumsi daya hingga 75% saat digunakan di bawah terik matahari. Koq bisa? Ternyata rahasianya terletak pada penggunaan lapisan yang bersifat reflektif yang diletakkan pada panel backlight dari layar LCD ini.

Pada saat digunakan di dalam ruangan, panel tersebut dapat difungsikan untuk memancarkan cahaya yang akan menerangi tampilan pada layar. Sementara pada saat digunakan di luar ruangan, panel ini akan memantulkan cahaya matahari untuk menerangi tampilan layar. Malahan saat digunakan di luar ruangan, layar ini bisa mencapai tingkat contrast empat kali lebih tinggi dari layar biasa dan untuk mengubah mode ini atau sebaliknya, pengguna cukup menekan tombol yang sudah disediakan.

Dikutip dari  TGDaily disebutkan bahwa dalam kondisi mode sunlight, layar LCD ini hanya mengkonsumsi daya sekitar 25% dari daya normal. Sebagai contoh, layar LCD biasa berukuran 14,1 inci mengkonsumsi daya antara 50 watt sampai 70 watt dan penurunan konsumsi daya hingga 75% akan sangat berguna bagi sebuah notebook.

LG sendiri rencananya akan memperkenalkan monitor ini pada acara Consumer Electronics Show Januari mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.