afatDi penghujung akhir tahun 2008, Harco Mangga Dua Computer Center (HMCC) mengadakan pemilihan ketua baru. Dari sekitar 560 anggota yang terdaftar namun pada pemilihan ketua HMCC kali ini hanya  sekitar 259 suara yang masuk.

Bertempat di Lido Palace (12/12), pemilihan ketua HMCC berhasil dimenangkan oleh Afat dengan mendapatkan 127 suara. Sedangkan empat calon lainnya, Santo, mendapatkan 39 suara, Edy 37 suara, Atmo 28 suara dan Jefry 28 suara.

Menurut Afat, asosiasi ini merupakan jembatan bagi semua anggota maupun toko-toko di Harco Mangga Dua untuk saling bertukar informasi. “Dengan HMCC, kita menjadikan pedagang atau pemilik ruko di Harco lebih kompak dan dimata vendor keberadaan kita juga dipandang sehingga Harco Mangga Dua lebih maju,”ujarnya.

Berdiri sejak tahun 2000, HMCC selama ini bergerak dalam kegiatan pameran-pameran komputer. Pameran yang diselenggaran juga merupakan sebagai promosi toko-toko yang berada dalam komplek Harco Mangga Dua untuk lebih dikenal. HMCC (Harco Mangga Dua Computer Center) merupakan suatu asosiasi yang menjembatani semua anggota maupun toko-toko di Harco Mangga Dua untuk saling bertukar informasi. Keberadaannya telah menciptakan kekompakan dan keharmonisan antar pedagang.

Dengan terpilihnya Afat sebagai ketua, diharapkan HMCC akan lebih maju lagi. Tentunya dengan dukungan semua anggota. Untuk mengetahui bagaimana rencana Afat untuk memajukan HMCC, berikut petikan wawancara BISKOM dengan Afat di tempat kerjanya. 

Apa program kedepan HMCC dibawah kepengurusan Anda?

Seperti yang kita harapkan bersama, HMCC tentunya harus lebih maju. Program-program yang menuju kemajuan telah kami rancang yang sebagiannya adalah meneruskan program  kepengurusan lama yang kami  anggap bagus. Sementara program yang kurang bagus akan kita perbaiki. Dalam program baru, kami akan terus berkarya mengadakan berbagai pameran dan pelatihan bersama karena sejak dulu, HMCC identik dengan pameran. Bedanya, kedepan pameran atau kegiatan lain lebih kami benahi lagi agar lebih banyak toko atau pedagang yang ikut pameran.

Yang penting di pengurusan saya semuanya jelas dan transparan, sehingga semua merasakan keberadaan asosiasi HMCC, dan bukan hanya satu orang atau beberapa orang saja. 

Pameran sendiri diadakan berapa kali?

Untuk di Senayan biasanya satu tahun empat kali, ditambah lagi yang kami adakan di Harco. Selain itu juga ada bakti sosial, olah raga dan banyak hal lagi yang kami kerjakan, seperti menjembatani anggota dengan pihak pengelola dimana jika masalah, bisa kita rundingkan bersama.   

Bagaimana cara menjalin komunikasi sesama anggotanya?

Biasanya kami menggunakan milis asosiasi dan selebaran yang dibagikan kepada anggota untuk informasi pameran maupun undangan lainnnya. Meskipun kepengurusan sudah dibentuk, tapi kami tetap harus melakukan sosialisasi. Karenanya, setiap bulannya kami mengadakan meeting kepengurusan untuk mereview pekerjaan dan apa yang harus kita kerjakan selanjutnya untuk memajukan anggota. 

Bisnis komputer di tahun 2009 ini menurut Anda akan seperti apa ?

Saya rasa stabil. Selagi kita mau bekerja keras, meskipun lagi krisis sepertinya untuk bisnis komputer tidak terlalu berpengaruh. Apalagi pasar komputer semakin hari semakin murah sehingga daya beli konsumen seharusnya meningkat. 

Harco Mangga Dua terkenal dengan komputer rakitan, penjualan akan seperti apa? Dan bagaimana dengan penjualan notebookyang kian marak?

Sekarang memang masanya notebook tengah booming, dan pasar lokal akan lebih banyak dipilih karena harganya terjangkau dan teknologinya tidak kalah bagus. Sementara untuk komputer rakitan lebih banyak diminati karena lebih flesibel dan konsumen bisa menentukan hardware maupun software yang dibutuhkannya, selain itu harganya juga lebih murah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.