Home Berita Polda Metro Optimalkan Layanan Website

Polda Metro Optimalkan Layanan Website

262

polda-metroKini masyarakat tak perlu repot lagi mendatangi Polda Metro Jaya untuk mengecek status laporan kasus yang dilaporkan. Mereka bisa mengetahui dengan segera status dan transparansi kasus dengan meng-klik website Polda Metro Jaya di http://www.reskrimum.metro.polri.go.id.

“Ini merupakan program kerja akselerasi transformasi menuju Polri yang mandiri, profesional dan dipercaya masyarakat,” kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Muhammad Iriawan kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya (29/1).

Pelayanan unggulan dari web Ditreskrimum Polda Metro Jaya yakni proses Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2H) dengan sistem online ini akan membantu masyarakat mempermudah dan mengecek perkembangan proses penyidikan kasus yang dilaporkan.

Iriawan lantas menjelaskan secara rinci prosedur pengecekan SP2H secara online. Pertama, pelapor wajib mengisi alamat email saat melapor di Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK). Setelah itu, lakukan registrasi ulang alamat email yang sesuai pada saat melapor di SPK dengan cara membuka websitenya di atas. “Lalu klik submenu ‘Info’ dan lalu klik ‘Info Penyidikan,” ujar Iriawan.

Kemudian lanjutkan dengan meng-klik link register untuk registrasi email, baru masukkan User ID dan password dan tekan tombol ‘Login’ yang tertera di komputer. Setelah itu, isi kolom form registrasi dengan memasukkan data-data seperti nama lengkap, alamat email, isi pasword, alamat pelapor dan lakukan verifikasi dengan memasukkan gambar karakter yang tertera di komputer, baru klik ‘Daftar’. “Perkembangan hasil penyidikan akan dikirimkan melalui email anda. Cek email untuk mengetahui konfirmasi registrasi info penyidikan. Apabila sudah mendapatkan konfirmasi, User ID akan aktif dan bisa melihat informasi SP2HP secara online,” jelasnya lagi.

Untuk mengecek SP2HP, harus kembali membuka website reskrimum. Klik kembali submenu ‘info’, kemudian klik ‘Info Penyidikan’, masukkan user ID dan password. Setelah login, masukkan nomor laporan (LP) yang sudah ada ketika melapor ke SPK. Setelah itu baru tekan tombol ‘search’. Dengan segera, data SP2HP yang dicari akan muncul. “Untuk melihat data SP2HP, tekan link file pada kolom ‘download’. Dengan seketika, Anda akan mendapat surat SP2HP yang telah ditandatangani oleh penyidik. Jika telah selesai, barulah tekan tombol ‘Log Out’,” kata dia. Namun sayangnya, SP2HP online ini baru ada di Polda Metro Jaya. “Untuk jajaran Polres akan segera menyusul,” pungkas Iriawan.

Sementara di Kota Bandung, Polwiltabes Bandung dalam waktu dekat segera meluncurkan website baru sebagai fasilitas pemberian informasi kepada masyarakat. Kendati siap diluncurkan, namun Kapolwiltabes Bandung, Kombes Pol. I Ketut Untung Yoga Ana masih belum menyebutkan nama untuk websitenya. “Dalam waktu dekat akan kita luncurkan website baru yang bisa diakses masyarakat umum. Soal namanya akan kita beritahukan menyusul. Kita masih memprogramnya,” ungkap Yoga Ana di Aula Mapolwiltabes Bandung belum lama ini.

Dijelaskan Yoga, di dalam website itu nantinya akan dicantumkan sejumlah informasi mengenai segala hal menyangkut Polwiltabes Bandung, mulai dari kegiatan rutin hingga informasi lain yang menyangkut pelayanan kepada masyarakat.

Tiga hal yang menjadi prioritas,di antaranya masalah kejelasan status laporan yang diberikan masyarakat. Dalam bahasa polisi, disebut SP2HP. Bagi masyarakat yang membuat laporan polisi dan ingin mengetahui perkembangannya, bisa mengaksesnya langsung melalui website yang ada. “Kami akan lebih transparan. Sebagai contoh, mereka yang lapor hari ini akan bisa mengetahui perkembangan laporannya dalam waktu tiga hari. Kami juga akan mencantumkan juga unit mana yang menanganinya, nama penyidiknya siapa, termasuk nomor telepon penyidiknya,” tuturnya.

Hal kedua yang diinformasikan, yaitu soal pelayanan pembuatan surat izin mengemudi (SIM). Bahkan selain informasi prosedur, biaya dan lokasi pembuatan SIM, juga akan mulai dicoba ujian model digital. Informasi penting lain yang bisa diakses adalah soal rekrutment anggota Polri, mulai dari calon bintara, perwira sampai penerimaan calon Akpol.

“Di dalamnya nanti akan ada penjelasan mengenai waktu pembukaan penerimaan calon anggota, syarat perekrutan, tahapan-tahapannya serta pe-ngumuman penerimaan,” ungkapnya.

8 COMMENTS

  1. saya mau cek no polisi B 9598 GO a/n Guntur s benar apa tidak wilayah jakarta barat. mohon di balas ke alamat mail saya

  2. pak bu polisi yang terhormat saya tanggal 3 agustus telah mengirimkan laporan ke dir.intelkam Polda Metro Jaya. Saya ingin mencegah salah satu anggota satgassus intelkam polda metro jaya menikah dengan wanita lain karena saya adalah wanita yg telah dinikah siri dan telah ditalak karena alasan karena polisi tersebut akan menikahi selingkuhannya. saya meminta keadilan atas sikap anggota intel itu.karena yg bernama Muhammad Azis Fauzi telah memiliki anak dari saya saat dia masih ikatan dinas. saya meminta KEADILAN pak bu polisi!!!!!!!!!!!!!!! saya baru lapor karena say memikirkan kerjanya dia, saya pikir dia lelaki setia dan baik tapi terntaya semua salah, maka saya melaporkan perbuatan dia. saya harap ini segera ditanggap. semoga aja bapak ibu nmemberikan sikap yang seadil-adilnya. wassalam

  3. Bapak polisi , saya ingin memlaporkan Unsur-unsur kejahatan lowongan kerja dan penipuan melalui Iklan media dan Media koran olah PT Mitra utama Global untuk lebih jelas-nya, bapak bisa buka data PT Mitra Utama Global di Google soat sudah banyak korban penipuan oleh pt mitra Utama Global terima kasih

  4. ini saya rina dari bekasi saya mau tanyak.pa benar polda metro mengeluarkan surat resmi tentang undian tora bika. kalau itu bener saya menang kenapa tidak bisa dapat hadianya, apa karna itu bohong.tolong dong polda jangan sembarang mau keluarin surat-surat atas nama polda. jadi semua orang yang menang undiankan jadi yakin.pada hal bayar tolong ditidak pidanain yang atas namain polda

  5. bapak saya bernama nola puspa ningsih, yang beralamat di asrama TNI-AD blok B/5 cengkeh, kota padang prov. SUMBAR.
    saya ingin melaporkan kemaren saya membeli produk anda EXSTRA JOSS, dan di dalam bungkusan minuman itu saya menemukan kupon hadiah, lalu saya menelpon ke no yg tertera pada kupon dengan no 021 2638 3555 dan no 085288044777, dan yang mengangkat adalah wanita bernama SISKA dari pihak exstra joss dan mengatakan bahwa kupon yg saya temukan dalam bungkusan exsta joss adalah benar berupa satu unit mobil avanza…, lalu saya di di suruh mengurus BPKB dan STNKnya pada kepolisian METRO JAYA dengan nama Bapak JOKO SUSILO WINARDI,SE dan meminta saya mengirim uang pengurusan ke rekeningnya A/n JOKO SUSILO WINARDI,SE rek. 0230 0103 7235 504 BRI CAB. CUT MUTIAH, kemarin tgl 16-09-2010 dan hingga sekarang no mereka masih aktif… tolong lah pak

  6. Bapak Polisi Yang Terhormat.
    Saya mau cek No Polisi B 1303 UTB jenis mobil Honda CRV tahun 2010 warna Abu-abu Metalik an. Ashabi Ummad, yang beralamat di Jalan Sungai Bambu VI Kec. Tanjung Priok, Jakarta Utara, benar apa tidak.

    Mohon di balas ke alamat mail saya secepatnya. URGENT.
    Terimakasih

  7. Bapak polisi yg terhormat,
    Saya masaya Aprilani Ayu Wulandari
    Saya warga Tangerang-Banten
    Saya mau lapor kehilangan dompet ditempat wisata pulau untung jawa hari ini tgl 21 juli 2015 sekitar pukul 3 sore,
    Dompet saya berwarna orange, dompet saya berisi sejumlah uang,kartu identitas,sim,dan kartu mahasiswa
    Kalau bisa saya ingin meminta nomer tlp polsek pulau untung jawa untuk melapor dan memperoleh info lebih lanjut
    Terimakasih

Comments are closed.