inaicta-4Indonesian Information and Communication Technology Award (INAICTA) 2009 hari ini (20/2) resmi diluncurkan oleh Dirjen Aplikasi Telematika, Cahyana Ahmadjayadi yang mewakili Menteri Komunikasi dan Informatika. Kegiatan yang mendapat dukungan penuh dari Departemen Komunikasi dan Informatika ini bekerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan bidang teknologi informasi dan komunikasi di tanah air.

Dengan mengangkat tema „Digital Creative for Nation Building?, INAICTA 2009 mempunyai visi memposisikan ICT (information and communication technology) sebagai variabel yang memungkinkan untuk dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia untuk meningkatkan martabat bangsa di dunia international. Tujuan utama diselenggarakannya INAICTA 2009 ini adalah untuk meningkatkan kreativitas para pengembang di bidang ICT, mendorong pemanfaatan dan pertumbuhan TIK di semua lini industri, juga mempersiapkan pelaku TIK lokal untuk menghadapi kompetisi global. Hal ini sejalan dengan dicanangkannya tahun 2009 menjadi Tahun Indonesia Kreatif, diharapkan INAICTA 2009 dapat turut andil membangun ekonomi kreatif melalui karya generasi kreatif (C-Gen for C-Conomy).

“Dengan semangat Tahun Indonesia Kreatif 2009, saya kembali mengajak untuk menjadikan ajang INAICTA sebagai wahana untuk menampilkan kreativitas anak bangsa berupa karya yang bermanfaat dan berkualitas, serta menggali dan mengasah potensi yang dimiliki, sehingga mampu menghasilkan produk dan karya TIK yang berdaya saing serta dibutuhkan masyarakat,” ujar Cahyana Ahmadjayadi. “Ajang ini merupakan ajang berskala nasional di bidang teknologi informasi dan komunikasi. INAICTA merupakan kegiatan bersama milik seluruh komponen bangsa, sehingga seluruh pihak berperan dalam memajukan dan memanfaatkan karya anak bangsa di bidang TIK.”

inaictaPeluncuran INAICTA hari ini menandakan dibukanya pendaftaran lomba karya cipta ini. Para peserta dapat mulai mendaftar secara online di situs resmi INAICTA 2009 (www.inaicta.web.id)  dan proses pendaftaran akan ditutup pada 15 Mei 2009. Selanjutnya, pemenang dari INAICTA juga akan mewakili Indonesia dalam ajang serupa di lingkup regional dan internasional, seperti Asia Pacific ICT Award (APICTA), dan World Summit Award (WSA).

“INAICTA adalah ajang lomba karya cipta kretivitas dan inovasi berskala nasional, dengan menerapkan aturan dan kriteria dengan standar internasional, untuk mempersiapkan pelaku TIK di Indonesia bersaing di kompetisi internasional,” jelas Hari Sungkari, Ketua Komite INAICTA. “Dalam Rangka pencanangan Tahun Indonesia Kreatif 2009, INAICTA 2009 juga akan menyesuaikan kategori lomba ke arah industri kreatif berbasis TIK di Indonesia.”

Acara yang terangkai dalam INAICTA 2009 adalah perlombaan karya cipta kreativitas dan inovasi di bidang TIK, seminar, workshop dan eksibisi, juga Business Matching Program (BMP). Puncak acaranya akan ditutup dengan penganugerahan penghargaan yang dijadwalkan akan dilangsungkan pada 29 Juli 2009. Pengunjung dan komunitas TI tanah air dapat mengikuti berbagai seminar mengenai animasi, e-business, juga game dan mobile. berbagai workshop juga dapat menambah pengetahuan insan TI dalam animasi dan pengembangan game, Robot for Kids, Blog dan Wikipedia.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai INAICTA 2009, dapat mengunjungi situs www.inaicta.web.id

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.