nathan-resMeningkatnya penggunaan perangkat keras dan lunak yang mendukung aplikasi multimedia menuntut perusahaan-perusahaan storage di seluruh dunia untuk terus melakukan inovasi teknologi dan merancang kapasitas yang semakin besar. 

Kingston, salah satu perusahaan storage terpecaya, baru-baru ini melakukan sebuah terobosan baru dengan meluncurkan Solid State Drive (SSD). Dibanding harddisk biasa, SSD lebih mengedepankan  performa dan daya tahan yang tinggi. Untuk Kingston, SSD merupakan pasar baru. Tepatnya dimulai secara resmi pada Januari 2009. Kingston memilih menunggu pasar menjadi lebih dewasa dan siap menerima kehadiran SSD. Namun kini, SSD bukan saja menampilkan kehandalan tetapi harganya juga telah terjangkau oleh segala segmen pasar,  mulai dari korporat maupun perorangan. 

Kingston saat ini mengapalkan beberapa produk SSD, yaitu SSDNow E series yang berkapasitas 32 Gb,  dan SSDNow M series yang berkapasitas 80 Gb untuk pasar korporat. Dalam waktu dekat ini, Kingston juga akan segera meluncurkan V series dengan kapasitas 64 dan 128 Gb untuk pemakai perorangan. Ada satu prinsip yang diterapkan Kingston dalam era modern saat ini dimana dunia dihadapkan pada fenomena global warming, yakni “Less is Better” . Prinsip “Semakin sedikit semakin baik” ini merupakan sebuah kesadaran untuk menjadi hijau untuk menyeimbangkan teknologi dengan perubahan lingkungan. Dengan produk-produk yang lebih hemat energi,  Kingston berkomitmen membantu dunia menentang global warming. Contohnya saat acara NVidia APAC Media Gathering  di Vietnam, 1 – 3 April lalu, Kingston menekankan penggunaan modul Very Low Profile (VLP) yang lebih efisien daripada pendahulunya. 

Modul yang berukuran lebih kecil ini menggunakan material yang lebih sedikit dan lebih baik untuk lingkungan. Modul ini mengikuti standar JEDEC dengan menggunakan lebih sedikit papan PCB, sekitar 40% lebih rendah dibandingkan modul-modul yang standar saat ini. 

“Baik SSD maupun memori yang dicipkan Kingston, sama-sama menggunakan teknologi ramah lingkungan.  Kingston berharap dengan langkah kecil ini, mereka dapat membantu dunia menjadi lebih baik,” kata Nathan Su, Flash Memory Product Manager, APAC Region, Kingston. 

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai SSD, simak wawancara BISKOM dengan Nathan yang memiliki tanggung jawab terhadap pengembangan produk Kingston di Taiwan serta mengembangkan pemasaran memori dan storage Kingston di Asia Pasifik. 

Kingston telah memperkenalkan modul VLP yang lebih ramah lingkungan. Bagaimana fungsinya dibanding modul lain? Pada tipe apa modul ini diterapkan?

Modul VLP baru ini memiliki fungsi yang persis sama dengan modul memori lain, namun para konsumen akan mendapatkan keuntungan dari sistem yang lebih kecil dan pembauran panas yang rendah. Modul ini mengikuti standar JEDEC dengan menggunakan lebih sedikit papan PCB, sekitar 40% lebih rendah dibandingkan  modul-modul yang standar saat ini.

Kingston  mulai memperkenalkan DIMM VLP padai segmen ValueRAM. Beberapa dari modul terlaris, seperti ValueRAM DDR2-800 dan DDR2-667 telah menggunakan standar VLP terbaru. VLP memiliki tinggi 0.72″ (18.3m) dibandingkan modul biasa yang memiliki tinggi 1.18″ (30mm). Kedua desain ini memiliki fungsionalitas dan interface yang sama. Melalui langkah ini, Kingston berkomitmen untuk mengurangi pembuangan limbah industri dan terus menyediakan produk yang ramah lingkungan.

Bagaimana dengan SSD, apakah juga ramah lingkungan?

Tentu saja, SSD Now memiliki efisiensi yang tinggi. Namun lebih dari itu, SSD terbukti lebih tahan lama dibandingkan dengan harddisk tradisional dengan Flash NAND memory component. Jadi jika dibandingkan dengan harddisk,  SSD memiliki performa input and output operations per second (IOPS) yang lebih tinggi sehingga berpotensi menggantikan fungsi harddisk secara berangsur. Sekarang, SSD sudah mulai menggantikan harddisk di beberapa kategori seperti hi end notebook dan server. SSD sendiri akan terus memperpendek gap dengan harddisk dalam hal biaya dan kapasitas yang mampu mengakomodasi banyak aplikasi.

Apa yang diharapkan Kingston dengan kehadiran SSD?

Bagi Kingston,   SSD menjadi  fokus  utama  dalam  penyimpanan  data  di  masa depan. SSD memiliki rangkaian fungsi yang melebihi harddisk tradisional. SSD memiliki daya tahan yang lebih baik, kecepatan, dan penggunaan power yang lebih efisien dibandingkan harddisk tradisional, Kingston percaya ini akan segera menjadi mainstream, sehingga diharapkan dapat mengambil alih fungsi harddisk serta  mendominasi pasar personal computer (PC) dan elektronik.

Karena SSD adalah sebuah produk baru, tentunya Kingston harus melalui proses yang panjang untuk meraih pasar di seluruh dunia. Cara seperti apa yang dilakukan Kingston?

ssde_angle_top-resPada 2008, ada laporan yang dapat diandalkan berkenaan dengan penggunaan SSD. Ini adalah sebuah pelajaran berharga setelah SSD sebelumnya mengalami kegagalan di pasar, namun kini menjadi sesuatu yang sangat berharga. Kingston  SSDNow  series  adalah  kombinasi  dari  SSD  tercepat  di dunia.  Dibarengi dengan distribusi dalam jumlah besar dan pelayanan konsumen yang melegenda, hal itu akan memposisikan kami pada kesuksesan di arena ini.  Selain itu, Kingston SSD juga menawarkan keuntungan investasi yang lebih besar melalui peningkatan performa yang menghasilkan input dan output yang mengesankan pada pengoperasian per detik atau IOPS. Sebagai contoh, SSDNow E Series menawarkan IOPS yang lebih tinggi, penghematan energi pada server dan ramah lingkungan. Sementara SSDNow M series high IOPS memiliki waktu booting yang lebih cepat dan waktu loading aplikasi yang lebih singkat sehingga membantu pemakai mobile menjadi lebih produktif.

Sejauh ini tidak ada perubahan pada channel pendistribusian kami karena SSD   dikategorikan sebagai bagian dari produk flash. SSD seri E dan M difokuskan pada pemakai korporat, sementara untuk V series, kami akan fokus pada pasar konsumen yang telah di-upgrade. Kingston akan memilih channel yang tepat untuk mencapai target konsumen kami.

Berapa target penjualan Kingston untuk SSD di Asia Pasifik?

Target kami adalah sebanyak-banyaknya karena SSD diciptakan untuk segala segmen. Sejak kami mulai mengapalkan produk SSD, tahun ini kami akan fokus pada edukasi terhadap kosumen kami termasuk channel partner, distributor, dan end users dimana Kingston SSD memberikan keuntungan bagi bisnis mereka atau kehidupan mobile.

Kingston E dan M series ditargetkan untuk 1000 perusahaan dan pasar vertikal yang terpilih. SSDNow E series didesain secara spesifik untuk server perusahaan ramah lingkungan. Sementara SSDNow M series diciptakan untuk menjadi unggulan untuk kebutuhan performa yang baik pada notebook PC. Disamping E series untuk perusahaan, M series untuk pengguna mobile yang tangguh dan para eksekutif. Dalam waktu dekat ini, Kingston akan segera meluncurkan V series untuk konsumen upgrade.

Apakah SSD tersedia di pasar Indonesia?

Ya, Anda dapat memeriksa daftar rekan lokal kami. Distributor Kingston di Indonesia adalah Ingram Micro Asia., Mikro Utama dan PT. Nusantara Eradata.

Berapa harga SSD?  

Harga selalu menjadi kendala besar dalam menjual SSD. Itu mengapa Kingston merancang SSD V series yang akan diluncurkan segera dengan harga yang lebih menarik dan lebih cemerlang dibandingkan SSD lain yang ada di pasar. Kami akan terus menawarkan sesuatu yang dapat dijangkau dan solusi SSD yang bernilai lebih untuk pasar Indonesia.

loading...

1 COMMENT

  1. Halo…
    Saya tinggal di Batam-Riau ingin memakai Solid State Drive (SSD) min 128 gb utk desktop saya.
    Dimana saya bisa bisa beli online ?
    Trim’s

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.