snap-ittSekelompok mahasiswa Institut Teknologi Telkom (ITT) Bandung mengembangkan casing personal computer (PC) dari bambu. Mereka menamakannya “Bamcas,” Bamboo Casing PC Exotic Robustus Affordable, yang menjadi buah karya unik, kreatif, sekaligus eksotik.

“Bambu sangat cocok sebagai solusi alternatif casing PC dengan kemampuannya menyerap panas,” ujar Fuad Praseto, mahasiswa Teknik Telekomunikasi ITT, koordinator dari lima mahasiswa yang menciptakan casing ini. Menurut Fuad, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil bamboo terbesar di dunia, dengan persediaan bambu berlimpah. Namun pengembangannya masih terbilang minim sehingga sebagai sebagai material lokal bambu kerap terpinggirkan. “Padahal bambu memiliki kriteria tersendiri. Selain artistik, bambu pun merupakan material yang awet,” kata dia. Kekuatan bambu sehingga cocok dijadikan material casing terletak pada struktur seratnya yang lurus dan sejajar. Seratnya sangat baik untuk menahan beban tekanan, mengurangi efek getaran, maupun tarikan saat PC beroperasi. Kekuatan bambu yang berkualitas, relatif sama dengan kayu.

Bambu yang digunakan sebagai bahan baku casing PC adalah bambu gombong. Menurut Fuad, bambu tersebut kualitasnya nomor dua dari jenis bambu yang ada. Sebelum disulap menjadi casing PC, bambu mesti diawetkan terlebih dahulu guna menghilangkan sari makanan yang ada pada bambu sehingga bambu tersebut tak mudah diserang rayap. Setelah proses pengawetan, struktur bambu cenderung lebih keras dari sebelumnya sekaligus menjadikan bambu makin kuat dan berkualitas.
“Sebisa mungkin Bamcas mampu meminimalisasi penggunakaan material logam sehingga penyambungan antar bambu pada Bamcas tidak menggunakan paku, melainkan dengan lem dan pasak,” pungkas Fuad.

loading...

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.