dsc04148Pameran Festival Komputer Indonesia (FKI) 2009 kembali digelar di Jakarta Convention Centre yang bersamaan dengan digelarnya Indonesia Cellular Show (ICS) 2009. FKI 2009 dilaksanakan serempak di enam kota besar, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan  Makassar pada  tanggal 10 hingga 14 Juni 2009.

Seperti kota lainnya, di Jakarta, produk notebook dan netbook mendominasi FKI 2009. Mulai dari merek Acer, Advan, ANote, Asus, Axioo, BenQ, Byon, Dell, Forsa, HP/ Compaq, ION, Lenovo, NEC, Sony Vaio, Toshiba menyemarakkan pameran yang diselenggarakan oleh Dyandra ini. Tak ketinggalan Wearness, Zyrex dan lain sebagainya. Bisa dikatakan, teknologi mobile memang tengah booming di Indonesia.

Yang menarik adalah kehadiran pengusaha kecil dan menengah yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Komputer Harco ManggaDua Computer Center (APKOM HMCC) , Asosiasi Pengusaha Komputer Layak Pakai Nasional (APKOMLAPAN) serta Asosiasi Pengusaha Komputer Harco RoxySquare Computer Center (APKOM HRCC) mereka menempati lokasi Plenary Hall JCC dan menawarkan komputer desktop rakitan yang harganya kian terjangkau.

4-stand-lenovo-resizeDi area inilah pengunjung bisa memburu perangkat komputer mulai dari motherboard, memori hingga kartu grafis dari berbagai pilihan merek dan harga, tentu saja pengunjung tetap dapat memburu produk-produk Notebook & Netbook dari berbagai brand nasional maupun internasional, tidak hanya itu, para pengunjung dapat menikmanti berbagai hiburan dipanggung utama yang memang dikemas secara apik oleh pihak Dyandra di Plenary Hall JCC.

Tidak hanya sekedar berjualan Pihak HMCC, HRCC & APKOMLAPAN juga turut aktif menjalin kerjasama dengan pihak Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) mengadakan Talkshow Internet Sehat sekaligus penyerahan hadiah bagi Pemenang Lomba Logo, Maskot dan Jingle Internet Sehat di Summit Room JCC (12/06).

9-menyaksikan-the-changcuters-plenary-hall-resizeSementara ICS 2009 dimeriahkan oleh kehadiran operator yang gencar mempromosikan paket murah untuk akses internet, mulai dari Telkomsel, Indosat, XL, Mobile-8, Smart dan lain sebagainya. Namun yang paling menyita perhatian adalah stand Nexian yang dipadati antrian pembeli ponsel tipe NX-G900 yang  tampilan dan kemampuannya mirip dengan Blackberry, namun harganya kurang dari Rp. 1 juta.

Fenomena Facebook dan instant messaging  merupakan satu dari banyak alasan mengapa perangkat mobile yang terakses internet kini menjadi kebutuhan gaya hidup masyarakat perkotaan.Pada penutupan acara, diumumkan para pemenang ICS Award 2009 yakni pada kategori Handset untuk The Best Design adalah Sony Ericsson X1, kategori The Best Buy adalah Nokia E 63 dan The Best Performance dimenangi Nokia 5800 Xpress Music. Nexian menyabet dua penghargaan sekaligus, The Best Bundling untuk ponsel NX-G900 dan  Local Brand Award.

picture-045Penghargaan lain diberikan untuk kategori Operator. The Best Tarif dimenangi oleh Esia, The Best Operator CDMA oleh Telkom Flexi, dan The Best Customer Growth oleh Telkomsel. Indosat menyabet penghargaan terbanyak untuk kategori-kategori The Best Operator GSM, The Best BlackBerry Service, The Best Value Added Service,  Corporate Social Responsibility Award dan juga penghargaan tertinggi , Life Time Achievement untuk Jhonny Swandi Sjam, Direktur Utama Indosat.

Pada saat penutupan pameran, grup band The Changcuters tampil di Plenary Hall JCC, sehingga semakin menambah marak acara Pameran FKI tahunan ini.

Pameran FKI dan ICS 2009 ini didukung oleh majalah BISKOM sebagai media partner.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.