dewi sintaCerita pewayangan memang sering menginspirasi kehidupan manusia saat ini. Salah satunya cerita Dewi Shinta. Cerita pewayangan yang fenomenal ini juga menginspirasi salah seorang remaja bernama Wandah Kurniawan (16). Pelajar SMA Negeri 4 Malang ini mengadopsi tokoh Dewi Shinta dalam sebuah gambar. Computer Generated Imagery (CGI), salah satu kategori dalam ajang Indonesian ICT Award (INAICTA) 2009 ini menarik perhatian Wandah. Siswa asal Malang ini kemudian membuat sebuah cerita yang ia ilustrasikan dalam sebuah gambar. Cerita tersebut bertajuk ’Dewi Shinta Tersesat di Masa Depan’.

”Cerita ini berkisah tentang perjalanan Shinta yang tersesat di sebuah portal waktu masa depan. Dia (Dewi Shinta) terjebak sampai ke masa sekarang,” tutur Wandah. Kisah yang ia sampaikan lewat goresan gambar komputer ini ia garap dalam waktu tiga minggu. Cerita mendeskripsikan perjalanan Dewi Shinta yang terkejut karena melihat masa depan yang sudah sedemikian berbeda dengan masanya. Polusi menjadi salah satu aspek yang ditunjukkan dalam gambar Wandah.

Menurut Wandah, idenya ini bermula dari keidentikkan Indonesia dengan tokoh pewayangan. Namun, karyanya ini tak luput dari kekurangan. Beberapa masukan datang dari juri INAICTA 2009.  Menurutnya, beberapa ekspresi masih kurang tajam. Tapi, bagi Wandah, itu semua adalah masukan sekaligus tambahan pelajaran bagi  karyanya ke depan. ”Sebenarnya saya ingin sekali ikut lomba dan kompetisi semacam ini. Namun, informasi cukup sulit didapatkan. Ajang INAICTA kali ini cukup memberi pelajaran penting bagi saya,” ujarnya saat penjurian tahap II INAICTA 2009 di FX Style, Jakarta.

Kemampuannya menggambar ini sebenarnya telah ia tekuni sejak lama. Sejak kecil, ia sudah hobi menggambar dan sering mengikuti kompetisi menggambar. Kegemarannya tersebut ia salurkan di dunia komputer. Berkat dorongan kakaknya pula, yang notabene seorang programmer, Wandah memulai debutnya di dunia komputer. Ajang INAICTA 2009 ini adalah kompetisi kedua yang ia ikuti di bidang digital komputer.

Saat ini, Wandah ingin terfokus pada dunia pendidikannya terlebih dahulu. Setelah lulus sekolah, rencananya ia akan terus menambah kemampuannya tersebut. Harapannya, dengan mengikuti ajang INAICTA 2009, dia bisa menambah pergaulan dan pengetahuannya di bidang digital dan komputer.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.