DSCN3707Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) dianugerahi penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam kategori sebagai Penyelenggara Pameran Terlama. Penghargaan MURI tersebut diberikan langsung oleh Ketua Umum Muri, Jaya Suprana dalam acara Business Forum 2009 di Arena Pekan Raya Jakarta (PRJ), (10/7).

Pameran National IT Expo (NIX) yang diselenggarakan oleh Apkomindo digelar selama satu bulan penuh di PRJ. Yang menarik, penjualannya per tanggal 5 Juli 2009 sudah mencapai Rp. 85 milyar dari target awal Rp. 50 milyar.

Dalam Business Forum 2009, Rene Pattiradjawane, Wartawan Senior yang bertindak sebagai salah satu pembicara  mengatakan, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang pesat.

1 Stand NIX di PRJHal ini, katanya, dapat mengubah cara kita menerima informasi, karena dengan berkembangnya TIK, informasi menjadi terdigitalisasi. Kemudian media-media baru dan gadget ada dimana-mana, internet menjadi sentra utama dan suatu yang interaktif dalam memenuhi kebutuhan masing-masing penggunanya, serta komputasi komunikasi dan penyimpanan (storage) menjadi lebih murah.

Dampak yang ditimbulkan adalah akan mengubah hubungan kita terhadap informasi dan media pengantarnya, mengubah hubungan sesama, dan apapun teknologi yang tersedia maka cara orang menggunakan teknologi akan berbeda-beda.

2 Stand NIX di PRJ“Belum ada sektor industri yang pertumbuhannya secepat TIK. Bahkan di Indonesia, pertumbuhan social networking lebih cepat dibandingkan Eropa. Tak heran jika Jakarta mempunyai akses internet terbesar dari 30 kota di dunia,” jelasnya.

Sedangkan dari faktor ekonomi, menurut Komisaris BII Maybank, Umar Juwono, kecenderungan ekonomi Indonesia cukup bagus jika dilihat dari krisis ekonomi global dengan inflasi rendah yang diikuti penurunan bunga.

“Prospek perekonomian Indonesia akan baik pada tahun 2010 dan bisa bertahan sampai 5 tahun kedepan asalkan juga ekonomi Indonesia ditopang pada sektor rillnya. Jika belanja TI dunia turun pada 2009, kemungkinan pada 2010 akan mengalami peningkatan,” ujar Umar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.