hebringSetelah berhasil menyabet penghargaan pada Indonesian Information and Communication Technology Award (INAICTA) 2007, Si Hebring kembali muncul pada INAICTA 2009.

Pada ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) ini Si Hebring tampil dengan cerita baru. Sang tokoh super hero lokal ini  diceritakan tengah menikmati makan siang dengan menu favoritnya “Bakso Hoky, Bikin Hepy”.  Tak lama kemudian seorang nenek yang sebelumnya pernah diselamatkan Hebring dari sebuah bus, lewat di hadapan Hebring dan Bang Hoky, si penjual bakso.

Ternyata kelakuan Si Nenek belum berubah, tetap trendy dengan iPod dan tas cantik. Hebring hanya tersenyum melihat hal ini.  Namun tiba-tiba, tasnya dijambret oleh seseorang yang langsung melesat melarikan diri.  Dengan sigap Hebring bangun untuk mengejar si Penjambret.

Menurut Marlin Sugama dan Andi Martin (Main Motion Games) sebagai pembuat karakter Hebring, animasi dikembangkan full 3D, yang tokohnya berasal dari Tasikmalaya-Jawa Barat dengan nama asli Heru (yang merupakan plesetan dari Hero). Sementara karakter Bang Hoky terinspirasi dari Soegiharto Santoso atau yang lebih dikenal dengan Hoky, pengusaha komputer dan notebook serta Majalah TI di Indonesia.

bang hoky 2“Karakter Hoky dalam dunia nyata sangat unik. Dia bukan sekedar pengusaha komputer biasa, namun juga peduli pada perkembangan teknologi informasi (TI) Indonesia yang diwujudkan melalui banyak aktifitas TI yang melibatkan sektor pemerintah, kepolisian, pendidikan, komunitas TI, perusahaan dan lain sebagainya menjadi sebuah sinergi yang baik. Secara keseluruhan bagi kami,  Hoky adalah tokoh mentor yang mampu membangkitkan inspirasi, karena itu kami jadikan guru si Hebring,” tambah Marlin.

Lalu mengapa memilih profesi tukang bakso? Marlin mengatakan, dengan tokoh baru ini, kami mengajak semua orang untuk menghargai profesi apapun. “Mereka ini adalah target yang juga harus ‘melek TI’ di masa mendatang.”

Saat dimintai keterangan, Hoky membenarkan bahwa dirinya telah dihubungi oleh Main Motion Games, bahkan ikut terlibat dalam proses pembuatan animasi ini. “Dukungan pihak swasta terhadap kemajuan animasi tidak bisa hanya sekedar diucapkan saja, namun juga harus diwujudkan dengan keterlibatan langsung. Saya berharap, kedepannya akan semakin banyak tokoh TI yang bersedia dijadikan tokoh animasi. Misalnya menjadi karakter tukang bajaj, supir angkot dan lain-lainnya dengan tujuan semua lapisan masyarakat nantinya bisa memanfaatkan TI,” katanya.

“Selain itu, diharapkan Bang Hoky akan memiliki lebih banyak background story dalam mengajari Hebring menjadi super hero sesungguhnya,” ujar Hoky yang juga Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Komputer Harco RoxySquare Computer Center (HRCC).

tikus gotDi sisi lain, melalui tokoh super hero yang asli Indonesia, Marlin berharap masyarakat dapat mengambil sifat positif dari orang asli Indonesia kebanyakan, yakni suka menolong dan peduli terhadap sesama.

Sementara keikutsertaan Main Motion Studio sebagai studio pengembang Hebring  pada INAICTA 2009 bertujuan agar  industri kreatif di Indonesia makin berkembang, dan makin banyak pihak swasta  maupun pemerintah yang mau memberikan support agar animasi-animasi Indonesia tumbuh dan berkembang sehingga dapat membuka lapangan usaha lain, misalnya pembuatan berbagai produk turunan seperti komik dan berbagai merchandise mulai dari boneka hingga collectible items serta kedepannya mampu tampil hingga ke layar lebar dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

“Pada awalnya kami tidak menyangka akan mendapatkan begitu banyak tanggapan positif untuk Hebring  baik secara online (lebih dari 8000 viewed di Youtube untuk Hebring I saja),  maupun tanggapan langsung di berbagai pameran nasional. Melihat hal itu, jika Hebring II berhasil menang di INAICTA 2009, Main Motion Studio berniat untuk mengembangkan komik Hebring, namun hingga saat ini masih mencari rekanan untuk percetakan dan pendistribusiannya,” ujar Andi Martin.

Berbeda dengan Hebring I, pada sesi II ini Hebring terlibat perkelahian yang seru dengan lawannya.  Apakah Hebring akan menang? Bagaimana reaksi Si Nenek saat menerima tas nya kembali? Apa hubungan antara si Hebring, Bang Hoky si juragan Bakso dan Si Nenek? Saksikan jawabannya di Hebring II dan klik via Youtube  atau ikuti online vote Kaskus: http://inaicta.kaskus.us/vote/1 serta anda juga bisa berteman dengan Hebring di Facebook Hebring Fanpage

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.