Res dsc06914Universitas Indonesia mengukuhkan tiga Guru Besar UI, yakni Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, MM., M.Sc, Prof. Ir. Yulianto Sulistyo Nugroho, M.Sc., Ph.D dan Prof. Dr. Ir. Anondho Wijanarko, M.Eng pada hari Rabu, 7 Oktober 2009 di Balai Sidang Kampus UI Depok. Rektor Universitas Indonesia, Prof. Dr. der Soz. Gumilar Rusliwa Somantri memimpin upacara pengukuhan tersebut.

Pidato pengukuhan Prof. Riri Fitri Sari bertemakan “Rekayasa Protokol Jaringan Informasi dan Kematangan Sistem Informasi dalam Era Jaringan Sosial”. Sistem yang dikenal dengan Internet atau World Wide Web sekarang ini berasal dari sistem untuk berbagi dan mendistribusikan informasi dantara para ilmuawan. Kurang lebih dalam satu dekade Internet telah menjadi media komunikasi, kolaborasi serta diskusi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari penduduk di seluruh dunia dalam bentuk aplikasi jaringan sosial seperti Facebook, Twitter, MySpace, Friendster dan lain-lain.

Dalam paparan Prof. Riri Fitri Sari dijelaskan mengenai faktor penentu kunci dari jaringan informasi. Salah satu contoh permasalahan besar di dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah rekayasa protokol dan kontrol kemacetan (congestion control) yang menentukan kualitas layanan (Quality of Service) yang dirasakan oleh pengguna. Salah satu solusi yang pernah diajukan adalah penggunaan Jaringan Actif (Active Network) untuk protokol kontrol kemacetan unicast dan multicast.

Perkembangan besar dan cakupan domain aplikasi harus dilayani dengan baik secara kuantitas dan kualitasnya oleh fungsi-fungsi protokol dan layanan. Selain kemampuan kerjasama melalui telekonferensi yang dipakai bersama oleh banyak pengguna, keberadaan secara virtual menyisakan berbagai masalah teknis, organisasi, etika dan hukum.

Sementara itu Prof. Ir. Yulianto Sulistyo Nugroho, M.Sc., Ph.D menyampaikan pidato yang berjudul “Membangun Kepedulian, Disiplin dan Keunggulan dalam Bidang Teknik Keselamatan Kebakaran (Fire Safety Engineering) dan Prof. Dr. Ir. Anondho Wijanarko, M.Eng menyampaikan pidato pengukuhan yang berjudul “Produksi Bahan Baku Suplemen Pangan dan Bahan Bakar Alternatif melalui Kemampuan Biofikasi CO2 Mikroalga”.

Dalam acara ini hadir pula Mantan Presiden RI, Prof. Dr. Dr.-Ing. B.J. Habibie, Dirjen HAKI, Dr. Andi Noorsaman Sommeng, Kemal Stamboel dari Detiknas, mantan Dirjen Postel Djamhari Sirat, dosen UI, Dr. Wahidin Wahab dan Ir. Soegiharto Santoso, Pimpinan Umum Majalah BISKOM

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.