Home Kegiatan TEKNOPRENEUR FORUM VIII: Budaya Penghargaan Hak Kekayaan Intelektual Kunci Ekonomi Kreatif

TEKNOPRENEUR FORUM VIII: Budaya Penghargaan Hak Kekayaan Intelektual Kunci Ekonomi Kreatif

145

Resize logo MiktiSalah  satu pilar ekonomi Indonesia yang mendapat perhatian besar di masa depan adalah ekonomi kreatif, yaitu ekonomi yang berbasiskan sumber daya inteletual manusia. Kontribusi industri kreatif terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional periode 2002-2006 rata-rata sebesar Rp 104,634 triliun atau 6,28%. Kontribusi lain dari industri kreatif adalah penyerapan tenaga kerja yang cukup besar. Pada tahun 2006, sektor ini mampu menyerap 21,375 juta pekerja dan menempati peringkat ke tujuh dibandingkan dengan sektor lain.

Salah satu faktor kunci yang perlu mendapat perhatian dalam pengembangan ekonomi kreatif ini adalah membangun budaya penghargaan terhadap hasil karya intelektual orang atau pihak lain atau dikenal sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Jika penghargaan atas HKI mampu menjadi budaya di Indonesia, maka dengan sendirinya akan melindungi bisnis kreatif selain juga mendorong lebih banyak lagi munculnya inovasi yang berpotensi menjadi bisnis.

Untuk memberikan perhatian khusus dalam masalah HKI tersebut, di dukung oleh Majalah BISKOM, Teknopreneur Indonesia mengadakan rangkaian kegiatan bertema Hak Kekayaan Intelektual. Diawali dengan mengadakan Kompetisi Menulis Blog bertema “Budaya Penghargaan HKI Sebagai Kunci Ekonomi Kreatif” bekerjasama dengan Masyarakat Industri Kreatif TIK Indonesia (MIKTI), dan ditutup dengan Teknopreneur Forum, sebagai acara puncak yang dilengkapi diskusi dan penganugerahan hadiah pemenang Kompetisi.

Pembahasan tentang HKI ini merupakan kegiatan Teknopreneur Forum yang ke delapan setelah sebelumnya telah membahas berbagai isu seputar bisnis teknologi dan pengembangannya, meliputi Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bioteknologi, Lingkungan Hidup, Energi, Manufaktur, Pembiayaan, dan lainnya. Narasumber dan sekaligus dewan juri Kompetisi Menulis Blog dalam kegiatan ini adalah: Ansori Sinungan (Direktur Kerja Sama dan Pengembangan, Dirjen Hak Kekayaan Intelektual, Departemen Hukum dan HAM), Indra Utoyo (Ketua Umum MIKTI, Direktur TI Telkom), Enda Nasution (Bapak Blog Indonesia) dan M. Andy Zaky (Editor in Chief Teknopreneur Indonesia)

Teknopreneur Forum adalah kegiatan diskusi rutin bagi para pelaku dan peminat bisnis teknologi yang diinisasi oleh Media Teknopreneur dan Komunitas Teknopreneur serta Majalah BISKOM sebagai Media Partner. Acara ini akan diselenggarakan pada hari Jum’at 9 Oktober 2009, bertempat di Restaurant d’Ocean, Komplek Tendean Square Unit 1-1A , Jl. Kapten Tendean 122-124 Jakarta, mulai jam 13.30 s/d 16.00 wib. Terbuka untuk umum dengan melakukan konfirmasi melalui teknopreneur.pro@gmail.com.