Home Kegiatan MAG COMPUTER EXPO 2009 Pameran TI Untuk Keluarga

MAG COMPUTER EXPO 2009 Pameran TI Untuk Keluarga

86

Resize IT15oktrev6-18.4x27(2)Setelah sukses meluncurkan modem Internet Sehat bersama Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo), Mobile-8 dan Masterdata 27 Agustus lalu, Mal Artha Gading (MAG) pada hari ini kembali menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan pameran MAG Computer Expo 2009.

Pameran ini berlangsung di Atrium Milenium Lantai 1 MAG, Kelapa Gading Jakarta, mulai tanggal 15 hingga 25 Oktober 2009, dan baru akan diresmikan pembukaannya pada hari Jumat, 16 Oktober 2009 yang sekaligus dirangkai dengan peluncuran dan sosialisasi program Internet Sehat dan Aman (Insan) oleh Depkominfo, dan setelahnya akan dilanjutkan dengan talkshow ‘Insan’.

Program ‘Insan’ yang sebelumnya telah diresmikan oleh Depkominfo pada 23 Januari 2009 memberikan manfaat yang sangat besar bagi para orang tua guru dan pendidik, khususnya dalam pengawasan alur informasi yang akan diterima oleh anak melalui internet.

Pada saat yang sama juga akan diluncurkan IMan (Internet Aman), browser yang berfungsi sebagai kontrol internet secara komprehensif, sekaligus sebagai panduan untuk mengontrol dan menghalangi akses ke website tak sehat, serta memandu pengguna ke website edukasi. Solusi ini juga memandu pengguna internet terutama anak-anak untuk berinternet sesuai dengan klasifikasi usia, kebutuhan dan tingkat pendidikan.

Komponen utama IMan Browser terdiri dari 3 bagian yaitu  pertama, Panduan yang menjamin kemudahan dan keamanan berselancar, kedua Pustaka Maya yang memberikan sebuah kumpulan informasi terdepan yang sudah disaring berdasarkan potensi ketertarikan serta ketiga, INET Monitor yang memfasilitasi para orang tua maupun administrator dalam memonitor dan memantau kegiatan selancar anak-anak ataupun para anggota.

IMan memiliki 2 versi yaitu versi Keluarga untuk penggunaan di rumah tangga dan versi Pendidikan yang merupakan versi jaringan untuk digunakan di lembaga-lembaga pendidikan.

Cahyana Ahmadjayadi, Kepala Badan Litbang SDM Depkominfo mengatakan, “Tujuan program ‘Insan’ adalah memberikan perlindungan kepada generasi muda terhadap konten internet negatif yang berpotensi membawa pengaruh prilaku buruk, sekaligus melakukan penetrasi terhadap tumbuhnya konten-kontan lokal yang positif. Dengan sosialisasi yang dilakukan secara kontinyu,  kami berharap dapat sedini mungkin menekan pengaruh negatif internet terhadap generasi muda.”

Cahyana menurut rencana juga akan meresmikan pameran ini bersama Djoko Agung (Sekretaris Dirjen Aplikasi Telematika, Depkominfo), Merza Fachys (Presdir PT. Mobile 8), Mas’ud Khamid (Executive GM Telkom DIVRE II), Wijaya Kusuma (Presdir PT. Sumber Alam Primadona Lestari), Djoko Mudjiono (General Manager MAG),  Soegiharto Santoso (Direktur  PT Masterdata) serta beberapa tokoh penting lainnya di dunia teknologi Informasi (TI).

Mas’ud Khamid mengatakan, “Dalam mendukung program INSAN ini, Telkom ikut serta dalam upaya memasyarakatkan internet sehat dalam bentuk memberikan edukasi gratis kepada para siswa dan guru dalam program IG2S (Internet Goes to Schooll) serta memberikan insentif khusus Layanan Internet Speedy kepada institusi pendidikan (Schoolnet) dan para guru (Teachernet)”

Pebisnis TI, Soegiharto Santoso atau Hoky yang juga merupakan Pimpinan Umum Majalah BISKOM yang bertindak sebagai event organizer MAG Computer Expo 2009 mengatakan, “Untuk pameran skala mal, MAG Computer Expo 2009 terbilang unik karena bukan saja melibatkan banyak stakeholder dan pemegang merk, tetapi juga pebisnis TI secara luas, pemerintahan, guru atau pendidik dan juga para pehobi di bidang TI, termasuk Asosiasi Open Source Indonesia (AOSI) dan Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi (MIKTI), serta beberapa operator seperti Telkom Speedy dan Mobile-8 serta XL. Dengan sinergi yang harmonis, kami semua berharap kemajuan di bidang TI dapat dicapai sesegera mungkin.”

Djoko Agung menambahkan, “Semakin maraknya pameran TI di Indonesia menandakan bahwa animo masyarakat di bidang ini sangat luar biasa. Yang tak kalah penting, saya berharap pameran juga di lakukan di berbagai wilayah lain agar terjadi pemerataan perkembangan TI di seluruh daerah di tanah air.”

Sementara Djoko Mudjiono mengatakan,  “Pameran MAG Computer Expo 2009 juga dipersiapkan untuk mensosialisasikan keberadaan IT Center di mal MAG. MAG adalah sebuah mal keluarga, mengingat TI saat ini menjadi bagian dari gaya hidup keluarga, maka pengelola MAG menambahkan fasilitas baru di dalam MAG, yakni IT Center.”

MAG Computer Expo 2009 dijanjikan sangat marak. Pamerannya dimeriahkan banyak vendor, mulai dari Acer, Apple, Asus, Byon, Canon, Compaq, Epson, Hanvon, HP, Lenovo, Mobile-8, PlusTek, Samsung, Sony Vaio, Telkom Speedy, IMAN-SAPL dan XL serta lain-lainnya. Pameran ini menjadi ajang yang tepat bagi para pemburu netbook berharga mulai dari Rp. 1.8 jutaan dan juga berbagai produk berkualitas tinggi lainnya dengan harga yang terjangkau.

Berbagai seminar juga akan digelar dengan para pakar TI sebagai pembicara, Topik yang diketengahkan dalam seminar diantaranya “Digital Art For Dummies” dan “Protect Your Children From Cybercrime” dan “Implementasi NGN di Desa dan Kecamatan Menggunakan Software Lokal”, Saat acara berlangsung juga akan ada game online competition, serta hiburan musik oleh Willy Soemantri Music School & Ecole. Akhirnya, selamat berbelanja produk TI paling berkualitas di MAG!